Ada perubahan spekulasi Brexit, bursa AS rebound

JAKARTA, 15/3 - IHSG MENGUAT 32,96 POIN. Pialang mengamati angka Indek Harga Saham Gabungan (IHSG) di Plaza Mandiri Sekuritas, Jakarta, Jumat (15/3). IHSG pada akhir pekan Jumat (15/3) ditutup naik 32,96 poin atau 0,69 persen ke posisi 4.819,32, dipicu positifnya bursa Amerika Serikat (AS), sementara itu indeks 45 saham unggulan (LQ45) menguat 5,16 poin (0,63 persen) ke level 821,75. FOTO ANTARA/Yudhi Mahatma/ss/pd/13

PT Bestprofit Futures | Ada perubahan spekulasi Brexit, bursa AS rebound

 

PT Bestprofit-Futures Pekanbaru – NEW YORK – bursa AS berhasil rebound pada transaksi penutupan tadi malam. Data yang dihimpun Bloomberg menunjukkan, pada pukul 16.00 waktu New York, indeks Standard & Poor’s 500 naik 0,3% menjadi 2.077,99. Indeks S&P 500 berhasil mengakhiri penurunan yang sudah berlangsung lima hari.

Sementara itu, indeks Dow Jones Industrial Average melaju 0,5% menjadi 17.733,10. Sedangkan indeks Nasdaq Composite naik 0,2%. Pergerakan positif bursa AS terjadi di tengah adanya perubahan spekulasi bahwa Inggris akan tetap menjadi anggota Uni Eropa. Perubahan ini dipicu oleh terbunuhnya anggota parlemen dari Partai Buruh Jo Cox saat menemui konstituen di wilayah pemilihannya.

Cox dikenal sebagai tokoh yang mendukung agar Inggris tetap menjadi anggota Uni Eropa. Hal ini yang kemudian memicu spekulasi bahwa para voter akan memilih Inggris tetap di Benua Biru pada referendum yang akan dihelat pekan depan.

Polling terkini menunjukkan pendukung Brexit mulai berkurang. Hal itu cukup ampuh meredakan kecemasan investor,” jelas Mark Luschini, chief investment strategist Janney Montgomery Scott LLC.

Meski demikian, sejumlah analis menilai, rebound bursa AS bukan hal yang mengejutkan mengingat Wall Street sudah mengalami penurunan yang cukup besar dalam lima hari terakhir. Pada transaksi tadi malam, sektor telekomunikasi dan utility memimpin reli. Sedangkan saham-saham produsen energi tetap mengalami tekanan seiring anjloknya harga minyak dunia.

Secara sektoral, tak ada satu pun sektor yang tertekan. Adapun tiga sektor dengan penurunan terbesar yakni: sektor industri lain-lain naik 2,27%, sektor pertambangan naik 1,65%, dan sektor manufaktur naik 1,14%.

Saham-saham yang berada di posisi top gainers pagi ini antara lain: PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN) naik 5,51% menjadi Rp 2.010, PT Pakuwon Jati Tbk (PWON) naik 4,58% menjadi Rp 685, dan PT Vale Indonesia Tbk (INCO) naik 4,10% menjadi Rp 2.790.

 

Sumber : http://investasi.kontan.co.id/news/ada-perubahan-spekulasi-brexit-bursa-as-rebound

Comments are closed.