Bursa Asia rebound dari posisi terendah 3 tahun

PT Bestprofit Futures | Bursa Asia rebound dari posisi terendah 3 tahun

 

Bestprofit-futures : Bursa Asia melaju pada transaksi perdagangan akhir pekan. Mengutip data Bloomberg, pada pukul 09.15 waktu Tokyo, indeks MSCI Asia Pacific naik 1,6% menjadi 116,33. Indeks acuan di kawasan regional ini menuju penurunan mingguan untuk ketiga kalinya di tengah guncangan yang terjadi di pasar saham China dan anjloknya harga minyak dunia yang saat ini berada di bawah level US$ 30 per barel.

Sementara itu, indeks Topix Jepang melompat 3,1% di Tokyo. Ini merupakan kenaikan terbesar sejak September lalu. Indeks Topix sudah merosot 16% pada di sepanjang Januari. Adapun indeks Nikkei 225 Stock Average memasuki pasar bearish pekan ini dengan merosot 20% lebih dari posisi tertingginya di tahun 2015.

Sedangkan indeks Kospi Korea Selatan naik 1,3%, indeks S&P/NZX 50 Selandia Baru naik 0,5%, dan indeks S&P/ASX 200 Australia naik 0,9%. Sementara, pasar saham China dan Hong Kong belum dibuka. Kemarin, pasar saham global berhasil menahan laju penurunan seiring kenaikan harga minyak dan sinyal dari Bank Sentral Eropa (ECB) untuk menambah stimulus.

Dengan adanya harapan lebih lanjut mengenai koordinasi kebijakan antar bank sentral, pasar saham akan mendapat sokongan. Segala sesuatu akan bergerak volatil, namun secara umum akan naik,” jelas Juichi Wako, senior strategist Nomura Holdings Inc di Tokyo.

Sekadar tambahan informasi, ECB mengatakan akan meningkatkan dukungannya paling cepat pada Maret mendatang. Di sisi lain, wakil presiden China Li Yuanchao bilang, pemerintah akan tetap melakukan intervensi untuk menekan tingkat volatilitas pasar.

Pinjaman itu akan dilunasi tahun depan dari cash flow proyek,” ujarnya di Jakarta, belum lama ini. Perseroan ini baru saja mendapatkan ekuitas yang cukup besar dari penawaran umum perdana saham. Nilainya sebesar Rp 5,16 triliun.

Perolehan dana penawaran umum perdana saham itu membuat debt to equity ratio (DER) WSBP turun cukup dalam dari tadinya sebesar 1,9 kali menjadi 0,3 kali hingga 0,4 kali. Dana IPO itu tidak digunakan untuk membayar utang, melainkan untuk modal kerja dan kebutuhan belanja modal.

 

Sumber : http://investasi.kontan.co.id/news/bursa-asia-rebound-dari-posisi-terendah-3-tahun-1

Comments are closed.