Data AS menjadi penentu langkah rupiah

Petugas menghitung mata uang dolar AS di salah satu tempat penukaran mata uang asing di Jakarta, Jumat (16/10). Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS ditutup pada level Rp13.540 per dolar AS, melemah 0,91 persen atau 122 poin dari penutupan sebelumnya. ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/aww/15.

PT Bestprofit Futures | Data AS menjadi penentu langkah rupiah

Bestprofit-futures : JAKARTA. Data ekonomi Amerika Serikat (AS) bakal berdampak pada kinerja rupiah hari ini. Di pasar spot, rupiah terhadap dollar AS menguat 0,61% ketimbang hari sebelumnya menjadi 13.640,3. Serupa, kurs tengah rupiah di Bank Indonesia (BI) menguat 0,4% menjadi 13.640.

Trian Fathria, Research and Analyst Divisi Tresuri Bank BNI, menjelaskan, bangkitnya mata uang garuda disebabkan rencana pemerintah merilis paket kebijakan ekonomi jilid V. Hal ini direspons positif oleh pelaku pasar.

Agus Chandra, Research and Analyst PT Monex Investindo Futures menambahkan, penguatan rupiah disokong pernyataan Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro yang mempertahankan estimasi defisit anggaran di bawah 2,5%.

Bursa saham Tiongkok yang mulai pulih juga menambah katalis positif bagi rupiah. Agus memprediksi, pergerakan rupiah hari ini akan bergantung pada rilis data klaim pengangguran dan penjualan rumah AS yang hasilnya diprediksi mixed.

Prediksi Trian, rupiah hari ini bergulir dalam rentang antara 13.500 sampai 13.700. Proyeksi Agus, rupiah bergerak antara 13.350-13.750. Analis Asjaya Indosurya Securities Wiliam Surya Wijaya menilai, IHSG masih berada dalam rentang konsolidasi wajar. Menurut dia, momentum koreksi bisa dimanfaatkan untuk aksi beli.

Indeks masih berpotensi naik. Saat ini support IHSG berada pada level 5.336 yang cukup kuat dengan target resistance di level 5.488. Wiliam bilang, ini adalah level resistance yang perlu ditembus untuk dapat kembali memperkuat pola uptrend jangka pendek.

Analis KDB Daewoo Securities, Tasrul, mengatakan, secara teknikal hasil optimalisasi indikator Money Flow Index (MFI) dan indikator RSI Optimized masih menguji support trendline. Koreksi lebih lanjut bergantung support trendline dapat ditembus atau tidak.

Sumber : http://investasi.kontan.co.id/news/data-as-menjadi-penentu-langkah-rupiah

Comments are closed.