Efek suku bunga baru terhadap rupiah

Bank Indonesia. KONTAN/Muradi/2016/06/30

PT Bestprofit Futures | Efek suku bunga baru terhadap rupiah

 

PT Bestprofit-Futures Pekanbaru – JAKARTA. Rupiah bergerak dalam rentang sempit. Kemarin, kurs rupiah spot naik tipis 0,03% jadi Rp 13.222 dibanding hari sebelumnya. Sedang kurs tengah rupiah versi Bank Indonesia terkoreksi 0,14% ke Rp 13.216. Research & Analyst Monex Investindo Futures Agus Chandra menuturkan, penguatan kurs spot rupiah terjadi karena penyesuaian posisi setelah koreksi beberapa hari terakhir. Apalagi pasar global mengantisipasi pidato Gubernur The Fed akhir pekan ini. Ini membuat pelaku pasar lebih cenderung memilih mata uang dollar AS.

Penggunaan BI 7-day reverse repo rate juga berimbas negatif pada rupiah. “Efeknya, rupiah yang beredar semakin banyak karena kredit jadi lebih rendah,” jelas Agus. Rully Arya Wisnubroto, Analis Pasar Uang Bank Mandiri, menambahkan, tekanan rupiah bisa semakin berat karena pasar kecewa dengan BI 7-day reverse repo rate yang diharapkan bisa turun sekitar 25 basis poin. Jika net sell di pasar saham berlanjut, rupiah bakal kian melemah. Rully memprediksi rupiah bergerak di Rp 13.160–Rp 13.245. Agus memprediksi rupiah bergerak di kisaran Rp 13.185–Rp 13.280.

Berdasarkan alokasi aset, mayoritas ditempatkan pada obligasi dengan tenor kurang dari satu tahun sekitar 70,34%. Lalu, deposito sekitar 23,47% dan kas sekitar 6,19%.

Dengan strategi tersebut, HPAM Ultima Money Market mampu membagikan return 7,74% dalam satu tahun terakhir per 13 September 2016. Kinerja tersebut lebih unggul ketimbang rata-rata return reksadana pasar uang yang sebesar 5,47% pada periode yang sama.

 

Sumber : http://investasi.kontan.co.id/news/efek-suku-bunga-baru-terhadap-rupiah

Comments are closed.