Emas Masih Di Bawah Tekanan

emas

PT Bestprofit Futures | Emas Masih Di Bawah Tekanan

 

Bestprofit-futures : Emas berjangka memperpanjang penurunannya pada hari Kamis untuk sesi ketujuh, karena penguatan nilai tukar mata aung dolar AS bulan ini dan prospek kenaikan suku bunga AS yang kian membesar membantu mendorong harga ke level terendah sejak awal April. Emas untuk pengiriman Juni turun $ 3,40, atau 0,3%, untuk selanjutnya menetap di level $ 1,220.40 per ounce yang menandai akhir sesi terendah sejak 4April 4. Secara month to date, harga telah kehilangan sekitar 5,5%.

Harapan kenaikan suku AS bunga telah mencuri pergerakan positif logam kuning. suku bunga yang lebih tinggi cenderung mengangkat permintaan untuk mata uang greenbacks dan meredam minat pembeli logam mulia karena komoditas emas dihargakan dalam mata uang dolar. Kenaikan suku bunga juga dapat menempatkan tekanan pada emas karena logam kuning merupakan komoditas investasi yang tidak berbunga, yang membuat investor mencari hasil yang lebih tinggi dari instrumen lainya.

Divisi New York Merchantile Exchange, spot emas untuk pengiriman Desember turun -0.175 di level 1.342.45 troy ons. Hasil rapat kebijakan the Fed pada hari Kamis kemarin adalah tetap mempertahankan suku bunga yang berada di kisaran 0.25- 0.5 persen. Akan tetapi, apabila sektor ketenagakerjaan AS menunjukkan perbaikan maka kenaikan tingkat suku bunga pada bulan Desember akan terjadi. Di samping itu, dalam rapat kemarin, the Fed juga memutuskan untuk memangkas proyeksi kenaikan suku bunga pada tahun depan tahun 2018 mendatang.

Sedangkan untuk rapat kebijakan the Fed selanjutnya dijadwalkan akan dilakukan pada awal bulan November dan pertengahan bulan Desember. Sebagian besar ahli ekonomi meyakini bahwa pembuat kebijakan the Fed bisa jadi akan menghindari kenaikan suku bunga pada bulan November karena rapat ini diselenggarakan beberapa hari sebelum pemilihan Presiden baru AS. Pelaku pasar kini memprediksi peluang kenaikan suku bunga AS bulan November hanya sebesar 10.3 persen dan probabilitas rate hike untuk bulan Desember adalah 57 persen.

 

Sumber : http://financeroll.co.id/news/emas-masih-di-bawah-tekanan/

Comments are closed.