Emas sentuh posisi terendah empat pekan

Seorang karyawan menunjukkan emas batangan investasi yang sejak dua pekan terakhir harganya turun dari Rp525 ribu menjadi Rp517 ribu per gram di sebuah toko emas di Malang, Jawa Timur, Rabu (16/3). Turunnya harga emas batangan terutama emas Antam tersebut justru membuat pembelian emas batangan untuk investasi di kawasan tersebut merosot hingga 60 persen karena fluktuasi nilai tukar rupiah terhadap dollar. ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/pd/16.

PT Bestprofit Futures | Emas sentuh posisi terendah empat pekan

 

PT Bestprofit-Futures Pekanbaru – NEW YORK. Harga emas dunia menyentuh posisi terendah dalam empat pekan terakhir pada penutupan Kamis. Menurut data yang dihimpun CNBC, harga emas di pasar spot hampir berakhir flat di kisaran 1.322,31 per troy ounce. Sedangkan harga kontrak emas untuk pengantaran Desember turun 0,4% menjadi US$ 1.324,60 per troy ounce.

Pergerakan harga emas tersebut tertekan oleh sejumlah faktor. Beberapa di antaranya, data ekonomi AS yang positif dan aksi wait and see pelaku pasar menjelang pidato Pimpinan The Federal Reserve Janet Yellen di Jackson Hole, Wyoming pada hari ini. Pelaku pasar berharap, Yellen akan memberikan sinyal lebih jelas atas arah kebijakan suku bunga AS.

Yellen kemungkinan akan memberikan komitmen yang lebih pasti untuk mengerek suku bunga acuan pada tahun ini saat pidato di Jackson Hole Policy Symposium Jumat ini,” jelas  Bart Melek, head of global commodity strategy TD Securities di Toronto. Dia menambahkan, sejumlah pengamat emas bahkan meramal kenaikan suku bunga akan terjadi paling cepat September. Sekadar tambahan informasi, data menunjukkan, tingkat pemesanan barang-barang baru dari manufaktur AS naik untuk dua bulan berturut-turut pada Juli.

Sedangkan data terpisah menunjukkan adanya penurunan jumlah pengajuan klaim pengangguran pada pekan lalu. Data pengajuan klaim pengangguran merupakan sinyal yang positif. Kemungkinan kenaikan suku bunga terjadi pada September masih cukup rendah di kisaran 32%. Tapi angka itu mengalami kenaikan dibanding sebelumnya,” ujar analis Natixis Bernard Dahdah. Dahdah juga bilang, jika The Fed mengerek suku bunga pada September, maka hal tersebut akan berdampak besar terhadap emas.

 

Sumber : http://investasi.kontan.co.id/news/emas-sentuh-posisi-terendah-empat-pekan

Comments are closed.