EUR/USD masih di atas angin

Karyawati menunjukkan mata uang Yuan di salah satu tempat penukaran valuta asing di Jakarta, Senin (30/11). Dana Moneter Internasional (IMF) secara resmi memasukan Yuan ke dalam special drawing rights (SDR) atau aset cadangan internasional sebagai mata uang elite dunia, menyusul dolar AS, euro, poundsterling Inggris, dan yen Jepang. ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/aww/15.

PT Bestprofit Futures | EUR/USD masih di atas angin

 

Bestprofit-futures JAKARTA Koreksi USD berhasil menopang keunggulan euro. Meski data ekonomi euro tergolong tidak memuaskan pasar. Mengutip Bloomberg, pukul 19.35 WIB pasangan EUR/USD menguat 0,28% ke level 1,0946 dibanding hari sebelumnya. Wahyu Tri Wibowo, Analis Central Capital Futures menganalisa sebenarnya euro cukup tertekan oleh beberapa data Eropa yang buruk.

Sebut saja harga barang impor di Jerman yang hanya minus 0,2% atau tidak sebaik prediksi 0,2%. Namun di sisi lain setelah kenaikan suku bunga The Fed, USD memang koreksi dan ini menguntungkan mata uang yang berlawanan. pukul 19.45 WIB index USD sudah terkikis 0,13% ke level 98,23.

Apalagi pasar kini sedang menanti data final GDP kuartal tiga 2015 AS yang diduga turun dari 2,1% menjadi 1,9%. “Efeknya tekanan bagi USD kian membesar,” tutur Wahyu. Sebabnya, pasar kini menduga belum akan ada kenaikan suku bunga lanjutan dari The Fed paling tidak hingga Maret atau April 2016 mendatang. Pesimisme terhadap laju moneter The Fed ini sedikit banyak mengangkat nilai euro. Fundamental belum berubah, masih kontras dan tren juga EUR/USD masih bearish.

Clinton dan Trump berhadapan untuk pertama kalinya dalam putaran pemilu presiden 2016 yang kisruh pada Senin malam, dengan Clinton menyebut Trump tidak merilis laporan pembayaran pajaknya dan berbohong, sementara Trump memberi label Clinton sebagai politikus tradisional.

Debat pertama calon presiden 2016 telah berakhir dan Bloomberg News mengklaim pasar menilai Clinton sebagai pemenang, menunjuk ke sebuah reli pasca-debat. Jajak pendapat substantif akan memakan waktu beberapa hari,” kata Chris Low, kepala ekonom di FTN Financial, dalam sebuah catatan.

 

Sumber : http://investasi.kontan.co.id/news/eurusd-masih-di-atas-angin

 

Comments are closed.