Fed Pertahankan Suku Bunga

fed pertahankan

PT Bestprofit Futures | Fed Pertahankan Suku Bunga

 

Bestprofit-futures : The Fed yang mempertahankan suku bunga acuan setelah sebelumnya naik pada bulan Desember, namun pertumbuhan ekonomi AS melambat akhir tahun lalu. Suku bunga acuan tetap berada di kisaran 0,25 persen hingga 0,5 persen. Dalam pernyataan singkatnya, bank sentral AS mengisyaratkan beberapa kekhawatiran terhadap gejolak pasar global dan pertumbuhan yang lamban. Namun, The Fed masih memperkirakan bahwa inflasi yang melemah dalam jangka pendek  karena jatuhnya harga minyak.

Meski demikian, bank sentral masih melihat potensi untuk kenaikan suku bunga kedua pada Maret. Informasi yang diterima sejak Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) bertemu pada Desember menunjukkan bahwa kondisi pasar tenaga kerja membaik lebih lanjut bahkan ketika pertumbuhan ekonomi melambat akhir tahun lalu, seperti yang dikatakan FOMC pada akhir pertemuan dua harinya.

Ibrahim, direktur PT Garuda Berjangka mengatakan, permasalahan mogok pekerja tambang di Chili mengakibatkan pasokan tembaga di pasar global akan tertekan. Sementara di Asia, Presiden Filipina, Rodrigo Duterte masih akan menutup beberapa tambang lagi terkait dengan isu lingkungan. 

Sementara di lain sisi, industri otomotif di China yang sedang meningkat juga menjadi katalis melesatnya harga tembaga di pasar dunia. Penjualan mobil penumpang di China melonjak sekitar 26,6% menjadi 14,4 juta unit per Agustus tahun ini ditopang oleh pemotongan pajak yang berlaku mulai September tahun ini. 

Momentum penjualan kendaraan yang baik ini, diduga masih akan terus berlanjut sampai beberapa bulan ke depan. Padahal, beberapa bulan yang silam, banyak pihak merasa nilai logam yang banyak digunakan sebagai bahan kabel dan kawat untuk peralatan elektonik ini akan jatuh dikarenakan data penjualan peralatan elektronik di China sedang kurang baik.

 

Sumber : http://financeroll.co.id/news/fed-pertahankan-suku-bunga/

Comments are closed.