Fluktuasi Rupiah Jadi Batu Sandungan IHSG

fluktuasi

PT Bestprofit Futures | Fluktuasi Rupiah Jadi Batu Sandungan IHSG

 

Bestprofit-futures : Jakarta Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditengarai masih terganjal oleh fluktuasi nilai tukar rupiah. Meskipun, kondisi perekonomian makro mulai menunjukan tanda-tanda pembaikan.Direktur Utama Bursa Efek Indonesia (BEI) Tito Sulistio mengatakan, fluktuasi rupiah ini yang sering jadi bahan referensi investor untuk di bursa.

Stabilitas nilai tukar rupiah yang membuat investor bingung. Pelemahan rupiah, lanjut dia, sangat menentukan daya beli transaksi saham di pasar modal. Fluktuasi ini pula, dapat memberikan ketidakpastian bagi para pelaku pasar dan sentimen negatif bagi laju IHSG. Ada daya beli meningkat dari setiap penguatan Rp100 itu sekitar Rp4,5 triliun.

Pada perdagangan Senin yang merupakan debut 2016, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup melemah 67,089 poin (1,46%) ke posisi 4.525,919. Sepanjang perdagangan, indeks mencapai level tertinggi di 4.603,824 atau menguat 10,816 poin dan mencapai level terendahya di angka 4.525,919 atau melemah 67,089 poin.

Liga Maradona, analis Recapital Securities, memperkirakan tren konsolidasi masih berlanjut pada perdagangan Rabu. Investor masih berhati-hati mengambil keputusan sebelum mendengar hasil akhir rapat FOMC. “Paling cepat Kamis pagi baru kita akan ketahui hasil rapat FOMC,” kata dia.

Penurunan IHSG juga akan dipengaruhi kebijakan Bank of Japan (BoJ). Pada hari ini, rencananya otoritas perbankan Jepang akan mengeluarkan kebijakan. BoJ mungkin akan merilis stimulus mengingat kondisi ekonomi negara itu masih lemah.

Sebaliknya, analis Danareksa Sekuritas Lucky Bayu masih optimistis indeks saham menguat di kisaran 5.325 hingga 5.345. Rapat The Fed yang baru ditutup pada Kamis diyakini tidak akan menekan pasar global. Sebab, pelaku pasar menilai The Fed tidak akan mengubah tingkat suku bunga.

 

Sumber : http://pasarmodal.inilah.com/read/detail/2264488/fluktuasi-rupiah-jadi-batu-sandungan-ihsg

Comments are closed.