Hapus Uji Sertifikasi, Peluncuran Ponsel Baru di Indonesia bakal lebih Cepat

hapusPT Bestprofit Futures | Hapus Uji Sertifikasi

 

PT Bestprofit-Futures Pekanbaru – Sebuah kebijakan baru ingin dikeluarkan oleh Pemerintah Indonesia. Kebijakan itu adalah penghapusan uji sertifikasi terhadap produk ponsel anyar. Tujuannya, agar peluncuran ponsel baru bisa lebih cepat. Masyarakat tanah air tidak perlu menunggu lama untuk bisa merasakan produk baru, terutama produk dari brand ternama dunia.

Hal ini diungkapkan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara yang dikutip dari Komas Tekno. Penghapusan uji sertifikasi ini, lanjut Rudiantara, dilakukan terutama untuk produk yang dirilis oleh brand ternama dunia. Rudiantara pun menyebutkan nama Samsung dan Apple sebagai contoh brand besar dunia yang tak perlu melewati uji sertifikasi.

Rudiantara mempunyai beberapa alasan kenapa uji sertifikasi perlu dihapus. Dia mengatakan kalau produk dari perusahaan besar tentunya sudah memenuhi standar internasional. Memang balai uji kita lebih canggih dari brand global?”, ujar Rudiantara. Terlebih proses uji sertifikasi membutuhkan waktu yang cukup panjang, bisa memakan waktu kurang lebih satu bulan.

Rudiantara mengatakan kalau pihaknya sudah berkomunikasi dengan perusahaan-perusahaan terkait. Kalau memang bakal diterapkan, kebijakan ini juga akan diberlakukan untuk produk dalam negeri. Kementerian pun akan turut terlibat dalam proses desain produk smartphone dalam negeri. Jadi, tidak perlu lagi proses sertifikasi yang harus dilalui.

Kapan kebijakan ini akan diterapkan? Rudiantara mengungkapkan kalau kebijakan ini ingin ditetapkannya pada tahun baru mendatang. Dengan adanya kebijakan ini, masyarakat akan bisa mencicipi teknologi terbaru yang dihadirkan oleh ponsel-ponsel luar negeri dalam waktu yang lebih dekat.

Comments are closed.