harga Otoritas mengkaji efektivitas aturan fraksi

harga

PT Bestprofit Futures | harga Otoritas mengkaji efektivitas aturan fraksi

 

Bestprofit-futures : JAKARTA. Aturan baru tentang fraksi harga masih tarik ulur dan belum jelas kapan terbit. Bursa Efek Indonesia maupun Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tengah mengkaji efektivitas aturan ini terhadap volatilitas pasar saham.

Saat kondisi bursa membaik, investor sangat menanti aturan fraksi harga. Mengubah kembali fraksi harga dari tiga kelompok menjadi lima kelompok bukan barang baru. Sebelumnya, otoritas bursa mengelompokkan fraksi harga atas lima kelompok, sebelum akhirnya memberlakukan tiga kelompok harga saat ini.

Mengubah fraksi harga saham bukan persoalan seenaknya, kita harus melihat efektivitasnya, ujar Direktur Utama BEI Tito Sulistio. BEI dan OJK mengkaji intensif aturan ini. Sebelum merilis aturan, otoritas harus mencermati kondisi makro dan pasar modal. Kendati saat ini trennya membaik, bursa harus hati-hati merilis setiap kebijakan.

Salah satu yang diminta OJK itu historisnya, semua dokumen. Intinya harus dikaji benar, jangan sampai berubah lagi. Di saat kondisi membaik, pasar berekspektasi, fraksi harga saham dikembalikan ke lima kelompok. Tapi secara historis, harus dibuktikan aturan itu mampu mendorong volatilitas harga saham.

Perolehan dana penawaran umum perdana saham itu membuat debt to equity ratio (DER) WSBP turun cukup dalam dari tadinya sebesar 1,9 kali menjadi 0,3 kali hingga 0,4 kali. Dana IPO itu tidak digunakan untuk membayar utang, melainkan untuk modal kerja dan kebutuhan belanja modal.

Tahun depan, perseroan ini berencana membangun tiga pabrik baru di Sumatera Utara, Kalimantan Timur, dan Sulawesi. Masing-masing pabrik tersebut akan memiliki kapasitas 300.000 ton per tahun yang akan dibangun hingga tahun 2018 mendatang. Nilai belanja modal yang dikucurkan sampai tahun 2018 mencapai Rp 4 triliun.

 

Sumber : http://investasi.kontan.co.id/news/otoritas-mengkaji-efektivitas-aturan-fraksi-harga

Comments are closed.