Hasil FOMC menjadi penentu nasib rupiah besok

plmhan rpiah

PT Bestprofit Futures | Hasil FOMC menjadi penentu nasib rupiah besok

Bestprofit-futures : JAKARTA. Pergerakan nilai tukar rupiah di pasar spot melanjutkan penguatan sebelum hasil rapat Federal Open Market Committee (FOMC) diumumkan, rupiah ditutup Rp 13.480 per dollar AS, naik 1,05% dari penutupan kemarin.

Andri Hardianto, Research and Analyst PT Fortis Asia Futures mengatakan, ada beberapa sentimen eksternal yang mempengaruhi pergerakan rupiah, seperti pemangkasan suku bunga acuan China, peningkatan program stimulus zona Eropa, serta turunnya data new home sales dari AS.

Dari dalam negeri, Andri menduga pelaku menilai kunjungan Presiden Joko Widodo ke AS sukses dengan membuat Indonesia bergabung dalam perjanjian Trans Pacific Partnership. Stimulus ekonomi pemerintah hingga jilid V sebenarnya cukup positif bagi rupiah, seiring dengan program revaluasi aset BUMN serta kebijakan yang mempermudah perizinan bagi calon investor. “Namun pernyataan FOMC Rabu malam juga patut menjadi perhatian.

Andri memprediksi pergerakan rupiah tergantung pernyataan FOMC terkait suku bunga The Fed. Jika pernyataan hawkish maka dollar berpotensi menguat dan menekan rupiah. Namun jika dovish maka penguatan rupiah bisa berlanjut.

Bank Sentral Eropa mengatakan akan membangun sebuah konsensus informal untuk secara bertahap meningkatkan pembelian obligasi, sementara para pejabat Federal Reserve berbicara atas kemungkinan kenaikan suku bunga di AS

Setelah membukukan paruh pertama terbaik hampir dalam empat dekade, emas goyah seiring prospek suku bunga yang lebih tinggi dan spekulasi pengurangan stimulus mengurangi permintaan untuk logam sebagai penyimpan nilai.

Emas tergelincir di bawah level US$ 1.300 per ons troi untuk pertama kalinya sejak Juni di perdagangan New York setelah Gubernur The Fed Richmond Jeffrey Lacker mendesak kenaikan suku bunga untuk mencegah kenaikan inflasi.

Sumber : http://investasi.kontan.co.id/news/hasil-fomc-menjadi-penentu-nasib-rupiah-besok

Comments are closed.