IHSG malas bergerak lagi

energi

 PT Bestprofit Futures | IHSG malas bergerak lagi

 

 Bestprofit-futures : JAKARTA – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan akan tertekan hari ini. Pasalnya, beberapa hari terakhir indeks sudah menguat cukup tinggi, IHSG ditutup menguat 0,77% ke level tertinggi tahun ini, yakni 4.933,99.

Sektor berbasis komoditas memimpin penguatan, seiring kenaikan harga komoditas. Muhammad Al Amin, analis Millenium Danatama Sekuritas, mengatakan, tren IHSG masih cukup positif, karena kemungkinan Federal Reserve belum akan menaikkan suku bunga The Fed.

Nilai tukar rupiah yang menguat turut menjadi sentimen positif. Kendati trennya masih positif, Amin memperkirakan hari ini IHSG akan cenderung terkoreksi di kisaran 4.900–4.980, lantaran penguatannya sudah cukup tinggi dalam tiga hari terkakhir.

Tapi koreksinya lebih karena faktor teknikal saja. Lanjar Nafi, analis Reliance Securities, menilai, penguatan indeks ditopang oleh pernyataan Gubernur The Fed yang cenderung dovish dan memberi sinyal suku bunga The Fed tidak akan naik Juni ini.

Hal ini juga memperkuat kurs rupiah. Investor asing melanjutkan net buy Rp 630,31 miliar. Lanjar memprediksi hari ini IHSG masih akan mencoba melanjutkan penguatan pada kisaran 4.920–4.967.

Asing terlihat melepas saham-saham Indonesia. Nilai penjualan bersih (net sell) asing pagi ini, baik di seluruh market maupun pasar reguler, masing-masing sebesar Rp 4,3 miliar.

Sedangkan secara sektoral, ada enam sektor yang melaju. Empat sektor lainnya tampak tertekan. Tiga sektor dengan penurunan terbesar yakni: sektor industri dasar turun 1,28%, sektor infrastruktur turun 0,62%, dan sektor konstruksi turun 0,37%.

Saham-saham top losers indeks LQ 45 pagi ini di antaranya: PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) turun 3,65% menjadi Rp 2.640, PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) turun 1,79% menjadi Rp 5.475, dan PT Summarecon Agung Tbk (SMRA) turun 2,02% menjadi Rp 1.700.

Sementara, saham-saham yang bertengger di posisi top gainers indeks LQ 45 yakni: PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk (CPIN) naik 4,46% menjadi Rp 3.510, PT Adaro Energy Tbk (ADRO) naik 3,38% menjadi Rp 1.225, dan PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) naik 1,98% menjadi Rp 10.300,

 

Sumber : http://investasi.kontan.co.id/news/ihsg-malas-bergerak-lagi

 

Comments are closed.