Indeks Pasar Saham Spanyol Naik 0,02 Persen

index pasar

PT Bestprofit Futures | Indeks Pasar Saham Spanyol Naik 0,02 Persen

Bestprofit-futures : Madrid – Indeks utama pasar saham Spanyol Ibex-35 berakhir naik 0,02 persen pada sesi. Itu menjadi 10.478,30 poin, dibandingkan dengan 10.476,30 poin Jumat lalu. Saham Indra A memimpin kenaikan dengan menguat 4,06 persen, diikuti oleh Bankia, FCC, OHL, IAG dan Grifols yang masing-masing naik 2,84 persen, 2,61 persen, 2,16 persen, 1,61 persen dan 1,38 persen.

Di sisi lain, saham Banco Sabadell memimpin penurunan dengan kehilangan 2,36 persen, diikuti oleh Mediaset, ArcelorMittal, Tecnicas Reunidas, Banco Santander dan Acciona yang masing-masing kehilangan 2,34 persen, 2,11 persen, 1,62 persen, 0,87 persen dan 0,74 persen.

Sementara itu, premi risiko Spanyol berdiri di 115,3 poin pada waktu penutupan Senin, naik sedikit dari 112,80 poin pada Jumat dan suku bunga obligasi pemerintah Spanyol berjangka 10 tahun berdiri di 1,6, menunjukkan tidak ada perbedaan besar bila dibandingkan dengan Jumat lalu.

Senada dengan Satrio, analis Recapital Securities Liga Maradona mengatakan, sektor konstruksi dan semen menarik selepas realisasi amnesti pajak. Tapi, sektor perbankan juga penting diperhatikan. Pasalnya, alur dari hasil amnesti pajak ini bermula dari dana tebusan dan repatriasi yang akan dialokasikan oleh pemerintah ke bank.

Liga mengatakan, saham-saham perbankan pilihannya antara lain BBNI, BBRI, dan BBCA. “Nantinya perbankan akan menerima aliran dana amnesti pajak, sehingga alurnya adalah dari perbankan lalu ke sektor konstruksi. Dari konstruksi akan ke semen,” kata Liga.

Untuk sektor semen, Liga lebih memilih emiten lama seperti INTP dan SMGR, mengingat pemain lama tidak akan terdampak negatif dari kebijakan pemerintah untuk menutup keran pasokan semen. “Pengereman pasokan ini saya lihat lebih berpengaruh pada pemain-pemain baru di sektor semen,” kata Liga.

Liga menambahkan, sektor infrastruktur juga baik untuk dicermati, terutama saham JSMR dan PGAS. “Dana amnesti ini bisa turun ke mana-mana, bahkan ke sektor konsumer dan ritel juga karena lapangan kerja nanti lebih banyak. Tapi itu jangka panjang. Kira-kira setahun lagi baru bisa dilihat dampaknya,” kata Liga.

Sumber : http://pasarmodal.inilah.com/read/detail/2247958/indeks-pasar-saham-spanyol-naik-002-persen

Comments are closed.