Puas dengan Internet Berkecepatan 100Mbps, Nokia Punya Akses Internet 1Tbps

puas

PT Bestprofit Futures | Puas dengan Internet Berkecepatan 100Mbps, Nokia Punya Akses Internet 1Tbps

 

PT Bestprofit-Futures Pekanbaru – Perkembangan teknologi internet kian pesat. Di Indonesia, para pengguna internet bisa memanfaatkan internet WiFi.id dari Telkom yang menawarkan kecepatan hingga 100Mbps. Nah, di negara seberang, Nokia berhasil melakukan penerobosan dengan pengujian internet berkecepatan hingga 1 terabit per detik (Tbps). Dengan kecepatan seperti itu, mengunduh file video full HD pun bisa dilakukan dalam hitungan detik.

Internet super cepat 1Tbps itu diperoleh dalam sebuah pengujian yang dilakukan oleh Nokia Bell, laboratorium yang kini menjadi salah satu aset kepemilikan Nokia. Pengujian ini dilakukan oleh Nokia Bell bersama dengan Deutsche Telekom T-Labs serta Technical University of Munich. Kecepatan internet yang dicapai dalam pengujian ini 1000 kali lebih tinggi dibandingkan kecepatan akses internet yang ditawarkan oleh Google Fiber.

Dengan keberhasilan pengujian ini, potensi yang bisa dimanfaatkan pun sangat besar. Terlebih menilik betapa besarnya kebutuhan akses internet oleh masyarakat dari berbagai penjuru dunia di era yang serba modern seperti sekarang. Internet berkecepatan 1Tbps memang bakal tidak terlalu berdampak signifikan terhadap pengguna internet di rumah. Namun untuk skala yang lebih besar, akses internet 1Tbps memberikan dampak yang sangat berguna.
Untuk mencapai akses internet super cepat ini, para peneliti menggunakan teknologi yang disebut dengan nama Probabilistic Constellation Shaping (PCS). Metode ini dibangun dengan berdasarkan pada teori Shannon limit yang ditemukan oleh Claude hannon pada tahun 1948. Dan pencapaian terbaru dari Nokia ini membuktikan kalau masih ada potensi tersembunyi yang bisa dimanfaatkan dari jaringan fiber optik.
Mereka pun mengimbau kepada para pengguna emailnya untuk berhati-hati kalau menerima email yang mengklaim berasal dari Yahoo. Terlebih email dari Yahoo terkait permasalahan yang satu ini tidak akan meminta kepada para penggunanya untuk meng-klik pada tautan tertentu ataupun meminda data pribadi.

PT Bestprofit Futures

Comments are closed.