Ngeri, Komputer Jadul Apple 1 Harganya 3,5 Miliar Rupiah

ngeriPT Bestprofit Futures | Ngeri, Komputer Jadul Apple 1 Harganya 3,5 Miliar Rupiah

 

PT Bestprofit-Futures Pekanbaru – Barang antik memang memiliki daya tarik tersendiri bagi para kolektor. Mulai dari benda kesenian, hingga barang elektronik pun di mata kolektor juga memiliki nilai jual yang fantastis. Seperti yang pernah kita bahas sebelumnya mengenai kamera yang digunakan untuk mendokumentasikan pesawat ulang alik Apollo 15, laku terjual dengan harga 10 miliar Rupiah.

Kali ini ada barang antik seputar teknologi, yang berhasil dijual dengan nilai yang sangat fantastis juga. Seperti yang diberitakan oleh WCCFtech, Minggu (21/8/2016), disebutkan bahwa komputer pertama Apple 1 telah ditawar dengan harga 270.000 USD atau jika dikonversikan sekitar 3,5 miliar Rupiah.

Komputer Apple 1 tersebut muncul pada situs lelang Charitybuzz, dimana dijual lengkap dengan buku petunjuk asli, kaset rekaman berisi pengetahuan dasar pemrograman, serta beberapa aksesoris tambahan beserta dokumen pendukung lainnya.

Pihak Charitybuzz sendiri yakin komputer generasi pertama dari Apple ini bisa terjual lebih dari itu karena komputer ini diincar oleh kalangan kolektor benda antik. Selain itu, mereka (Charitybuzz) percaya diri target angka penjualan satu buah perangkat komputer Apple 1 ini bisa mencapai angka 1 juta USD (13,1 miliar Rupiah), karena hingga sekarang lelang ini masih berjalan.

Tidak diketahui pemilik pertama komputer Apple 1 ini, namun pemilik setelahnya mengatakan bahwa dirinya membeli perangkat komputer Apple 1 dengan harga 18.000 USD atau sekitar 237 juta Rupiah, di tahun 2000 silam (jika dikonversikan dengan nilai tukar sekarang). Bahkan dikabarkan juga bahwa komputer Apple 1 ini pernah laku dengan angka yang fantastis, 900.000 USD atau setara dengan 118,6 miliar Rupiah.

 

Sumber : https://www.beritateknologi.com/ngeri-komputer-jadul-apple-1-harganya-35-miliar-rupiah/

Comments are closed.