Emas Makin Tertekan

harga

PT Bestprofit Futures | Emas Makin Tertekan

 

PT Bestprofit-Futures Pekanbaru – Pergerakan harga emas Comex terpantau melemah pada perdagangan malam ini, Selasa, sejalan dengan penguatan dolar di tengah penantian para investor akan petunjuk untuk periode kenaikan tingkat suku bunga AS dari rilis data nonfarm payroll menjelang akhir pekan ini. Harga emas Comex kontrak Desember hari ini dibuka turun tipis 0,01% atau 0,10 poin di posisi $1.327 per ounce dan melemah 0,26% atau 3,40 poin ke $1.323,70 per ounce sore tadi. Saat ini emas makin tertekan kelevel $1,322.70, turun $4.40 atau 0.33% .

Dalam pidatonya pada pertemuan tahunan bank sentral di Jackson Hole (Jumat, 26/8/2016), seperti dilansir Reuters hari ini, Gubernur The Fed Janet Yellen menyatakan menguatnya kemungkinan kenaikan suku bunga AS akibat perbaikan pada pasar tenaga kerja dan ekspektasi pertumbuhan ekonomi yang solid. Laporan nonfarm payroll AS untuk Agustus yang dirilis Jumat pekan ini serta data ekonomi lainnya dapat memperkuat isyarat hawkish yang disampaikan oleh Yellen dan pejabat The Fed lainnya.

Menurut survei Reuters, data kepegawaian diperkirakan naik 180.000 pada Agustus, di bawah kenaikan tidak terduga sebanyak 255.000 pada Juli dan 292.000 pada Juni. “Emas mungkin akan sangat sensitif terhadap rilis itu (data tenaga kerja) apabila terlihat cenderung mempengaruhi periode kenaikan suku bunga di masa mendatang,” kata Analis HSBC James Steel dalam risetnya.

Seperti diketahui, pergerakan emas sangat sensitif terhadap kenaikan suku bunga AS yang cenderung meningkatkan opportunity cost logam mulia yang tidak berimbal hasil serta mendorong pergerakan dolar yang dapat menyebabkan nilai pembelian lebih mahal bagi para pengguna yang membayar dalam mata uang lainnya. Sejalan dengan emas, harga perak kontrak Desember melemah 0,47% atau 0,089 poin ke US$18,770 per ounce, setelah dibuka menguat 0,54% atau 0,101 poin di posisi 18,960.

Pasar saat ini mulai memperhitungkan kenaikan suku bunga sebelum akhir Desember dengan lebih banyak keyakinan, dan hal itu tidak akan membantu bagi harga emas maupun perak,” ujar David Lennox, Analis Sumber Daya Fat Prophets, seperti dilansir Bloomberg hari ini. Sementara itu, Bloomberg Dollar Index yang melacak pergerakan dolar AS terhadap sejumlah mata uang utama terpantau menguat 0,22% atau 0,208 poin ke 95,788.

 

Sumber : http://financeroll.co.id/news/emas-makin-tertekan-2/

Comments are closed.