Minim sentimen, rupiah diramal menguat

Petugas memeriksa tumpukan uang di Cash Center Bank Mandiri, Jakarta, Jumat (29/7). Bank Indonesia mencatat dana asing yang masuk ke dalam negeri atau "capital inflow" hingga 25 Juli 2016 telah mencapai Rp128 triliun sebagai respons atas pemberlakuan program Pengampunan Pajak (Tax Amnesty). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/kye/16.PT Bestprofit Futures | Minim sentimen, rupiah diramal menguat

 

PT Bestprofit Futures Pekanbaru – JAKARTA. Kurs rupiah menguat di tengah minimnya sentimen domestik. Sumber tenaga rupiah antara lain berasal dari rilis data ekonomi Amerika Serikat (AS) dan Jepang. Kemarin, kurs spot rupiah terhadap dollar AS menguat 0,11% ke Rp 13.113 dibandingkan dengan hari sebelumnya. Sedang menurut kurs tengah Bank Indonesia, rupiah menguat 0,07% ke Rp 13.123 per dollar AS.

Ekonom Bank Permata Josua Pardede mengatakan, rilis data ekonomi AS menekan nilai tukar USD. Produktivitas sektor tenaga kerja non pertanian AS turun 0,5% pada kuartal II-2016. Dari Jepang, pemesanan mesin produksi pada bulan Juni naik 8,3%. Bulan sebelumnya, pemesanan mesin turun 1,4%. Sedang harga jual barang oleh produsen pada Juli turun 3,9%. Tapi ini lebih baik dari bulan sebelumnya yang turun 4,2%.

Data Jepang mendorong kurs mata uang Asia, termasuk rupiah. Dari dalam negeri, rupiah minim sentimen. Tapi data pertumbuhan ekonomi kuartal II-2016 dan cadangan devisa Juli masih memberi efek positif. Research & Analyst Monex Investindo Futures Vidi Yuliansyah bilang, rupiah masih digerakkan sentimen global. Ia memprediksi rupiah kembali menguat hari ini di kisaran Rp 13.100-Rp 13.800. Sedang prediksi Josua rupiah bergerak di kisaran Rp 13.080-Rp 13.150.

Managing Director Head Sales dan Marketing PT Henan Putihrai Asset Management Markam Halim menambahkan strategi tersebut diterapkan lantaran obligasi diuntungkan oleh penurunan suku bunga. Pasalnya, harga obligasi akan mengalami kenaikan sehingga mengerek return reksadana.

Kendati demikian, pihaknya juga menyeimbangkan porsi deposito untuk menjaga cashflow.”Sehingga apabila sewaktu-waktu investor ingin mencairkan dananya, kami siap,” ujar Markam.

 

Sumber : http://investasi.kontan.co.id/news/minim-sentimen-rupiah-diramal-menguat

Comments are closed.