Para peritel menggenjot bisnis e-commerce

Berburu pokemon di ACE HArdware. KONTAN/Baihaki/21/7/2016 PT Bestprofit Futures | Para peritel menggenjot bisnis e-commerce 

 

PT Bestprofit-Futures Pekanbaru – JAKARTA. Bisnis e-commerce terus menggeliat. Kementerian Komunikasi dan Informatika mencatat, penjualan online lewat smartphone naik 164% (yoy), sementara belanja online via situs belanja naik 32%. Melihat peluang ini, sejumlah emiten ritel mulai serius mengembangkan e-commerce. Misalnya PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI). Dengan menyisihkan belanja modal Rp 500 miliar, tahun ini MAPI menggenjot situs MAP Emall.

Mulai tahun depan, MAPI berniat mengalokasikan 20% capex untuk investasi MAP Emall. Manajemen berharap, MAP Emall menyumbang 10% terhadap total pendapatan, setelah 10 tahun beroperasi. Analis Daewoo Securities Indonesia Christine Natasya menilai, target MAPI realistis. Sebab, penjualan MAPI mulai shifting dengan penjualan online. “Penjualan online MAPI belum terlihat karena digabung dengan sales per toko. Tapi bisa jadi kontribusinya dalam 10 tahun lagi 10%,” kata Christine.

Analis Millenium Danatama Sekuritas, Muhammad Al Amin bilang, dengan tumbuhnya bisnis online, ambisi MAPI bisa terwujud. “Target kontribusi e-commerce 10% cukup realistis, kata dia. Amin mengatakan, kontribusi penjualan di semester I 2016 dari beberapa peritel sudah terbantu e-commerce, seperti MAPI, LPPF dan ACES. Tapi kontribusinya belum besar. “Peritel masih mengembangkan dan mempromosikan e-commerce,” ujar Amin.

Emiten lain sudah mengembangkan e-commerce, tapi belum terbuka soal estimasi target kontribusi terhadap penjualan. Misalnya RALS dengan ramayana.co.id dan menjalin kerjasama dengan Tokopedia untuk menjalankan bisnis jual beli perlengkapan fesyen secara online. Sistem kerjasamanya adalah, RALS menyediakan barang dan Tokopedia menjadi medium dagang. “Kami mau menguji coba pasar,” kata Suryanto, Direktur Keuangan RALS.

Ada pula LPPF yang bersinergi dengan Mataharimall. LPPF memiliki saham pada PT Global Ecommerce Indonesia (GEI) yang merupakan pemegang saham MatahariMall (PT Solusi E-commerce Global) sebanyak 4,4 juta saham senilai Rp 53,14 miliar Adapun ACES telah menyertakan modal pada situs belanja ruparupa.com melalui anak perusahaan barunya di sektor e-commerce, PT Omni Digitama Indonesia (ODI) sebesar Rp 6 miliar atau 30% dari total modal PT ODI. Kami tidak terlalu mengharapkan kontribusi yang besar,” kata Helen Tanzil, Sekretaris Perusahaan ACES.

Comments are closed.