Menebak arah pergerakan emas Antam

menebak arah

PT Bestprofit Futures | Menebak arah pergerakan emas Antam

 

Bestprofit-futures : JAKARTA – Kenaikan harga yang didulang oleh emas spot memberi dukungan bagi harga emas batangan PT Antam Tbk untuk ikut melesat.Apalagi ditambah dengan pelemahan rupiah yang terjadi di perdagangan, kenaikan harga emas batangan kian signifikan. Seperti dikutip dari http://www.logammulia.com, harga emas batangan Antam melesat Rp 12.000 ke level Rp 564.000 per gram dibanding hari sebelumnya.

Level ini merupakan posisi harga emas Antam tertinggi sejak Oktober 2015 lalu. Tidak hanya itu, nilai buyback pun naik Rp 11.000 menjadi Rp 510.000 per gram.Jika menilik sepanjang tahun 2016 ini harga jual sudah naik Rp 19.000 per gram dengan nilai beli kembali sudah terbang tinggi Rp 41.000 per gram.

Pemaparan Suluh Adil Wicaksono, Analis PT Milenium Penata Futures kombinasi pelemahan rupiah dan naiknya harga emas spot menjadi amunisi utama terdongkraknya harga emas Antam. Ini tidak lepas dari pergerakan USD yang fluktuatif.

Memang pasar saat ini sedang antisipasi pidato Janet Yellen, Gubernur The Fed pada Rabu mendatang. Efeknya index USD yang sudah berapa hari melemah terkena aksi bargain hunting itu pula yang kemudian menyebabkan USD ungguli rupiah. Tercatat pada penutupan pasar hari ini, posisi rupiah di spot melemah 0,11% ke level Rp 13.611 per dollar AS.

Di sisi lain sikap antisipasi ini membuat pelaku pasar berburu aset safe haven. Tidak heran, pamor si kuning emas global pun berpendar. Emas Antam pun mengikuti pergerakan naik ini. Melihat pergerakan ini Suluh menduga peluang harga emas Antam pertahankan kenaikan hingga pertengahan tahun 2016 nanti masih terbuka.

Terutama jika pernyataan Yellen dovish dan The Fed tidak menaikkan suku bunga Maret 2016 nanti. Itu akan melambungkan harga emas spot. Namun kenaikan harga emas Antam memang tidak akan signifikan mengingat keputusan itu bisa menggerus USD dan memperkuat posisi rupiah.

 

Sumber : http://investasi.kontan.co.id/news/menebak-arah-pergerakan-emas-antam

Comments are closed.