Perusahaan Cina Resmi Menjadi Pemilik Baru Opera

perusahaanPT Bestprofit Futures | Perusahaan Cina Resmi Menjadi Pemilik Baru Opera

 

PT Bestprofit Futures – Aplikasi browser Opera kini telah secara resmi berganti pemilik. Setelah sebelumnya dikenal sebagai perusahaan yang berbasis di Norwegia, kini Opera telah secara resmi menjadi bagian dari konsorsium asal Cina yang dipimpin oleh Qihoo 360.

Dalam transaksi tersebut, Qihoo 360 pun rela menggelontorkan dana tak kurang dari 600 juta USD atau setara 7,8 triliun rupiah. Dengan besaran dana tersebut, beberapa aset milik Opera pun resmi berganti pemilik. Termasuk di antaranya adalah aplikasi Opera, baik mobile ataupun desktop.

Opera, seperti dikutip dari Engadget, dalam beberapa bulan terakhir memang berusaha untuk menjual aset miliknya ke perusahaan lain. Mereka pun bahkan pernah menawarkan keseluruhan aset dengan nilai mencapai 1,2 miliar USD. Namun hal itu tidak terwujud, dan akhirnya terjadi deal dengan Qihoo 360. Dengan adanya deal ini, maka Opera Software pun hanya mempunyai dua ekosistem, yakni Opera Apps & Game dan Opera TV.

Hanya saja, untuk ke depan, Opera Software tidak bisa terus menggunakan brand Opera lagi. Terlebih dalam transaksi bisnis dengan Qihoo 360 meliputi penggunaan nama Opera. Perusahaan Norwegia itupun diberi waktu selama 18 bulan untuk melakukan penggantian nama.

Opera dikenal luas dengan produk browser Opera. Aplikasi ini telah beroperasi lama sejak tahun 1995. Bahkan pesaing utama Opera pada awal peluncurannya, yakni Internet Explorer milik Microsoft pun sudah tutup usia. Semoga saja dengan adanya akuisisi ini browser Opera tetap eksis.

 

Sumber : https://www.beritateknologi.com/perusahaan-cina-resmi-menjadi-pemilik-baru-opera-habiskan-dana-78-triliun-rupiah/

Comments are closed.