Rupiah akan didominasi faktor eksternal

rupiah stabil

PT Bestprofit Futures | Rupiah akan didominasi faktor eksternal

Bestprofit-futures : Nilai tukar rupiah melemah cukup dalam di awal pekan. Tekanan eksternal tak terbendung. Pergerakan rupiah hari ini juga masih rentan koreksi. Di pasar spot, nilai rupiah terhadap dollar Amerika Serikat (AS) tergerus 0,20% menjadi 13.648. Sedangkan kurs tengah rupiah di Bank Indonesia melemah 1,12% ke 13.643.

Reny Eka Putri, Analis Pasar Uang PT Bank Mandiri Tbk, menuturkan, pelemahan ini memang terjadi akibat gempuran data ekonomi AS yang kembali prima menjelang rapat FOMC. Ini menghidupkan lagi harapan pasar akan peluang kenaikan suku bunga The Fed di akhir tahun 2015.

Terbaru, data flash manufacturing PMI AS September 2015 naik dari 53,10 ke 54. Sedangkan dari dalam negeri menurut Reny tekanan datang dari situasi politik yang negatif, seperti bencana asap dan isu reshuffle kabinet.

Faisyal, Research and Analyst PT Monex Investindo Futures menambahkan, keputusan People’s Bank of China memangkas bunga turut menggoyahkan ekonomi emerging market. Faisal memprediksi, rupiah berpeluang melemah di 13.500–13.750.

Senada dengan Satrio, analis Recapital Securities Liga Maradona mengatakan, sektor konstruksi dan semen menarik selepas realisasi amnesti pajak. Tapi, sektor perbankan juga penting diperhatikan. Pasalnya, alur dari hasil amnesti pajak ini bermula dari dana tebusan dan repatriasi yang akan dialokasikan oleh pemerintah ke bank.

Liga mengatakan, saham-saham perbankan pilihannya antara lain BBNI, BBRI, dan BBCA. “Nantinya perbankan akan menerima aliran dana amnesti pajak, sehingga alurnya adalah dari perbankan lalu ke sektor konstruksi. Dari konstruksi akan ke semen,” kata Liga.

Untuk sektor semen, Liga lebih memilih emiten lama seperti INTP dan SMGR, mengingat pemain lama tidak akan terdampak negatif dari kebijakan pemerintah untuk menutup keran pasokan semen. “Pengereman pasokan ini saya lihat lebih berpengaruh pada pemain-pemain baru di sektor semen,” kata Liga.

Liga menambahkan, sektor infrastruktur juga baik untuk dicermati, terutama saham JSMR dan PGAS. “Dana amnesti ini bisa turun ke mana-mana, bahkan ke sektor konsumer dan ritel juga karena lapangan kerja nanti lebih banyak. Tapi itu jangka panjang. Kira-kira setahun lagi baru bisa dilihat dampaknya,” kata Liga.

 

Sumber : http://investasi.kontan.co.id/news/rupiah-akan-didominasi-faktor-eksternal

Comments are closed.