Rupiah berpotensi lanjutkan penguatan

Kurs rupiah menguat rebound naik membaik pulih

PT Bestprofit Futures | Rupiah berpotensi lanjutkan penguatan

 

Bestprofit-futures : JAKARTA. Nilai tukar rupiah kembali menemukan tenaga setelah sebelumnya tertunduk di hadapan dollar AS.Rupiah mengambil peluang melemahnya mata uang negeri paman sam. Di pasar spot, nilai tukar rupiah melaju 0,18% dari sebelumnya mejadi Rp 13.619 per dollar AS. Sementara di kurs tengah Bank Indonesia rupiah menguat 0,55 ke level Rp 13.619 per dollar AS.

Putu Agus Pransuamitra, Research and Analyst PT Monex Investindo Futures mengatakan, rupiah sebenarnya masih dalam tren sideways. Penguatan rupiah kali ini disebabkan oleh koreksi dollar AS yang sebelumnya menguat tajam. Menguatnya rupiah lebih karena faktor eksternal dari aksi profit taking USD.

Padahal, sentimen dalam negeri sebenarnya dapat menekan rupiah yakni dari nilai cadangan devisa bulan Oktober yang turun US$ 1 miliar menjadi US$ 100,7. Namun demikian, Putu menduga perhatian pasar masih akan ke faktor eksternal sehingga rupiah dapat melanjutkan penguatannya.

Tekanan juga berasal dari aksi Bank Sentral AS (The Fed) yang menjanjikan bakal ada kenaikan suku bunga dalam jangka pendek. Namun, koreksi bersifat terbatas karena masih ada katalis positif yang membalut rupiah. “Pasar mulai euforia dengan perkembangan kebijakan tax amnesty,” tuturnya.

Rully menduga, ruang penguatan rupiah bakal terbatas pada Senin. Sebab, pasar dalam negeri maupun eksternal masih minim data di pengujung bulan. BI juga cenderung akan mengintervensi apabila rupiah menguat tajam. “Secara fundamental rupiah stabil. Kalau ada koreksi juga secara teknikal,” terangnya.

Faisyal memproyeksikan rupiah juga masih berpotensi menguat terbatas. Sentimen positif bersumber dari performa pasar saha Indonesia yang cenderung menanjak. Mengindikasikan banyak dana asing masuk ke dalam negeri,” imbuhnya.

 

 

Sumber : http://investasi.kontan.co.id/news/rabu-rupiah-berpotensi-lanjutkan-penguatan

Comments are closed.