Hari ini, rupiah bisa tembus ke level Rp 14.250

PT Bestprofit Futures | Hari ini, rupiah bisa tembus ke level Rp 14.250

 

Bestprofit-futures : JAKARTA Menjelang pertemuan FOMC, rupiah ambles menembus Rp 14.000 per dollar AS. Beban utama tetap datang dari sentimen eksternal. Di pasar spot, rupiah melemah 0,93% ke level Rp 14.123 per dollar AS. Sedangkan kurs tengah Bank Indonesia memperlihatkan, rupiah melorot 1,0% menuju Rp 14.076 per dollar AS.

Trian Fathria, Research and Analyst Divisi Tresuri Bank BNI menuturkan, ada tiga faktor yang menampar rupiah. Pertama, penantian pasar terhadap pertemuan FOMC yang sudah di depan mata. Ketakutan akan potensi kenaikan suku bunga The Fed menjadi pemicu koreksi valuta global terhadap dollar AS.

Kedua, tekanan dari harga minyak yang anjlok,” kata Trian. Sebagai negara yang masih bergantung pada komoditas, kemerosotan harga minyak membebani posisi rupiah. Terakhir, depresiasi yuan sejak awal Desember 2015. Ketika yuan terus menukik, mata uang regional Asia pun terkena imbasnya.

Senada, Nizar Hilmy, analis SoeGee Futures, memprediksi, pelemahan rupiah berlanjut hari ini. Sebab, tak ada sentimen positif yang bisa menopang laju rupiah. Tekanan dari faktor eksternal masih cukup besar. Dari sisi internal, dipastikan tidak banyak topangan yang akan hadir. “Maka, tidak menutup kemungkinan rupiah bergulir di kisaran Rp 14.100-Rp 14.250 per dollar AS,” prediksi Nizar. Sedangkan Trian memperkirakan, rupiah di antara Rp 14.075-Rp 14.175 per dollar AS.

Analis Monex Investindo Futures Yulia Safrina menilai, suku bunga The Fed yang masih rendah membuat rupiah berpotensi terus melaju, meskipun banyak pihak memprediksi suku bunga The Fed bakal dinaikkan pada November mendatang. Ke depan, rupiah masih bisa menguat.

 

Sumber : http://investasi.kontan.co.id/news/hari-ini-rupiah-bisa-tembus-ke-level-rp-14250

Comments are closed.