Siaga, rupiah bisa terus merosot

Ilustrasi uang. KONTAN/Muradi/2014/09/11

PT Bestprofit Futures | Siaga, rupiah bisa terus merosot

 

Bestprofit-futures : JAKARTA – Pelemahan nilai tukar Rupiah di akhir pekan bakal berlanjut di awal pekan ini. Belum ada katalis yang bisa mengangkat Rupiah. Di pasar spot, valuasi Rupiah merosot 0,32% ke Rp 13.608 per dollar AS. Sejalan, kurs tengah Bank Indonesia mencatat Rupiah tergerus 0,79% menjadi Rp 13.573 per dollar AS.

Research and Analyst PT Garuda Berjangka Sri Wahyudi mengatakan, tekanan terhadap Rupiah awal pekan ini mulai mereda, nyaris tidak ada data ekonomi yang mendukung USD.

Sementara Reny Eka Putri, Analis Pasar Uang Bank Mandiri bilang, dukungan dari dalam negeri belum ada yang kuat. Yang ada justru permintaan USD dalam negeri meningkat,” jelas Reny.

Untuk itu Reny menebak Rupiah bergerak melemah tipis di kisaran Rp 13.475- Rp 13.680 per dollar AS. Sedangkan Wahyudi memprediksikan, mata uang Garuda di antara Rp 13.590 sampai dengan Rp 13.640 per dollar AS.

Faisyal, Research and Analyst PT Monex Investindo Futures menuturkan, pelemahan valuasi rupiah diakibatkan oleh membaiknya data perekonomian Negeri Paman Sam. Data klaim pengangguran (unemployment claims) per 15 September 2016 yang dilansir Kamis mencapai 252.000 orang. Jumlah tersebut lebih baik ketimbang pencapaian pekan sebelumnya yang sebesar 260.000 orang.

Tekanan juga berasal dari aksi Bank Sentral AS (The Fed) yang menjanjikan bakal ada kenaikan suku bunga dalam jangka pendek. Namun, koreksi bersifat terbatas karena masih ada katalis positif yang membalut rupiah. “Pasar mulai euforia dengan perkembangan kebijakan tax amnesty,” tuturnya.

 

Sumber : http://investasi.kontan.co.id/news/siaga-rupiah-bisa-terus-merosot

Comments are closed.