Rupiah hari ini diprediksi rentan koreksi

Rupiah versus US Dollar. KONTAN/Baihaki/27/8/2015

PT Bestprofit Futures | Rupiah hari ini diprediksi rentan koreksi

 

Bestprofit-futures : JAKARTA. Di tengah tekanan faktor eksternal, rupiah berhasil mengungguli USD, karena pasar AS tengah libur. Namun nilai tukar rupiah hari ini diprediksi rentan koreksi. Di pasar spot, nilai tukar rupiah terhadap USD menguat tipis 0,03% menjadi 13.905 dibanding hari sebelumnya. Sebaliknya, kurs tengah rupiah di Bank Indonesia (BI) melemah 0,32% ke 13.931.

Trian Fathria, Research and Analyst Divisi Tresuri  Bank BNI, menjelaskan,   penguatan rupiah ini karena aktivitas perdagangan di Amerika Serikat (AS) sedang libur nasional. Sedangkan rilis data ekonomi AS akhir pekan lalu tidak memuaskan. Sehingga ada celah memanfaatkan keunggulan efek dari stabilnya pasar global,” kata Trian. Apalagi Tiongkok juga memberikan dorongan positif bagi rupiah karena mata uang negeri itu kembali stabil.

Research and Analyst PT Monex Investindo Futures Vidi Yuliansyah menambahkan, sentimen positif datang dari pasar obligasi pekan lalu yang mencatat kenaikan harga obligasi terbaik selama tiga bulan. Namun pasar juga menanti data ekonomi China seperti pertumbuhan ekonomi dan produksi industri.

Hari ini Trian melihat koreksi rupiah bisa terjadi jika harga minyak kembali turun. Sebagai mata uang berbasis komoditas, rupiah akan terkena imbas. Selain itu, pasar AS juga kembali aktif. Trian memprediksi, rupiah bergulir di 13.880–13.970. Vidi memproyeksikan, rupiah di rentang 13.900-14.000.

Faisyal, Research and Analyst PT Monex Investindo Futures menuturkan, pelemahan valuasi rupiah diakibatkan oleh membaiknya data perekonomian Negeri Paman Sam. Data klaim pengangguran (unemployment claims) per 15 September 2016 yang dilansir Kamis mencapai 252.000 orang. Jumlah tersebut lebih baik ketimbang pencapaian pekan sebelumnya yang sebesar 260.000 orang.

Tekanan juga berasal dari aksi Bank Sentral AS (The Fed) yang menjanjikan bakal ada kenaikan suku bunga dalam jangka pendek. Namun, koreksi bersifat terbatas karena masih ada katalis positif yang membalut rupiah. “Pasar mulai euforia dengan perkembangan kebijakan tax amnesty.

 

Sumber : http://investasi.kontan.co.id/news/rupiah-hari-ini-diprediksi-rentan-koreksi

Comments are closed.