Rupiah masih fokus ke BI Rate

JAKARTA,15/09-NILAI TUKAR RUPIAH MEROSOT. Seorang petugas teller sedang menghitung mata uang rupiah di Jakarta, Selasa (15/09). Nilai tukar rupiah pada transaksi pagi ini (15/9) kembali menyentuh level terlemah sejak Agustus 1998 silam. Data Bloomberg menunjukkan, pada pukul 10.31 WIB, posisi rupiah berada di level 14.362 per dollar AS. Artinya, rupiah melemah 0,2% dari level penutupan kemarin di posisi 14.333 per dollar AS. KONTAN/Fransiskus Simbolon/15/09/2015

PT Bestprofit Futures | Rupiah masih fokus ke BI Rate

 

Bestprofit-futures : JAKARTA – Investor mulai mengantisipasi penetapan suku bunga acuan Bank Indonesia. Di pasar spot, nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika Serikat (AS) melemah 0,84% menjadi 13.507 dibandingkan sehari sebelumnya. Demikian juga dengan kurs tengah rupiah di Bank Indonesia, yang melemah 1,28% ke 13.504.

Yulia Safrina, Research and Analyst PT Monex Investindo Futures, mengatakan, para pelaku pasar sedang menanti pengumuman suku bunga BI. Ada kecemasan pelaku pasar menjelang pengumuman suku bunga BI.

Sebenarnya BI memiliki ruang menurunkan kembali tingkat suku bunga. Fundamental perekonomian dalam negeri cukup positif. Salah satunya didukung oleh kebijakan pemerintah yang memudahkan investor dalam berinvestasi di dalam negeri.

Di sisi lain, pergerakan USD juga menguat menjelang pengumuman notulensi rapat FOMC Kamis dini hari. Investor masih mencari tahu petunjuk kenaikan suku bunga The Fed. Ekonom Bank Central Asia Tbk David Sumual menambahkan, pelemahan rupiah sejalan dengan mata uang Asia lainnya. Dollar AS memang menguat di hadapan hampir semua mata uang emerging market.

Dari dalam negeri, David memprediksi, BI akan kembali memangkas suku bunga. Ini sebenarnya dipandang positif oleh pelaku pasar seiring dengan membaiknya berbagai data ekonomi dalam negeri. Namun, sentimen negatif dari eksternal mendominasi pergerakan rupiah. David menduga, rupiah menguat di 13.400-13.600. Prediksi Yulia, rupiah melemah di rentang 13.440-13.650.

 

Sumber : http://investasi.kontan.co.id/news/rupiah-masih-fokus-ke-bi-rate

Comments are closed.