Rupiah menanti neraca dagang dan hasil RDG

Pegawai bank menunjukkan mata uang rupiah dan dolar AS di Plaza Bank Mandiri, Jakarta, Rabu (1/7). Bank Indonesia mengatur penggunaan rupiah di NKRI karena transaksi dengan menggunakan mata uang asing antar penduduk di Indonesia mencapai 7,2 miliar dolar AS atau Rp93 triliun per bulan. ANTARA FOTO/Rosa Panggabean/ed/foc/15.

PT Bestprofit Futures | Rupiah menanti neraca dagang dan hasil RDG

 

Bestprofit-futures : JAKARTA – Terjangan isu eksternal buat rupiah terjungkal. Di pasar spot, Selasa nilai tukar rupiah di hadapan dollar Amerika Serikat (AS) melemah 0,71% menjadi Rp 13.393. Sementara di kurs tengah Bank Indonesia (BI), rupiah menguat 0,53% ke Rp 13.273.

Ekonom Bank Central Asia David Sumual menjelaskan, isu Brexit dan pertemuan Federal Open Market Committee (FOMC) menekan mata uang emerging market termasuk rupiah. Investor akhirnya beralih ke aset yang lebih aman.

Sentimen negatif juga datang dari rencana pemangkasan anggaran belanja negara tahun 2016. Senior Research and Analyst PT Monex Investindo Futures Albertus Christian bilang, pergerakan rupiah kini menanti data neraca perdagangan Indonesia yang dirilis Rabu dan hasil Rapat Dewan Gubernur BI.

Pada Rabu, Christian menduga, rupiah melemah dan bergerak pada rentang Rp 13.300-Rp 13.420 per dollar AS. Sedangkan David menebak, rupiah menguat terbatas di kisaran Rp 13.300- Rp 13.450 per dollar AS.

Dengan demikian, rupiah menguat 0,2% dibanding level penutupan kemarin yang ditutup di posisi 13.137 per dollar AS. Penguatan juga terlihat pada nilai tukar rupiah berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR). Pagi ini, kurs JISDOR rupiah berada di level 13.098 per dollar AS, menguat dari posisi 13.148 per dollar AS.

Ekonom Bank Permata Josua Pardede menambahkan, hasil FOMC akan menentukan pergerakan rupiah hari ini. Seperti yang diketahui, The Federal Reserve memutuskan untuk menahan suku bunga acuannya. Meski demikian, ada sinyalemen bank sentral AS itu akan mengerek suku bunga sebelum akhir 2016.

 

Sumber : http://investasi.kontan.co.id/news/rupiah-menanti-neraca-dagang-dan-hasil-rdg

Comments are closed.