Aksi Spekulasi Pasar, Rupiah Naik Terhadap Dolar

aksi spekulasi

PT Bestprofit Futures | Aksi Spekulasi Pasar, Rupiah Naik Terhadap Dolar

 

Bestprofit-futures : Jakarta – Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta, bergerak menguat sebesar 84 poin. Rupiah menjadi Rp13.639 dibandingkan posisi sebelumnya di posisi Rp13.723 per dolar AS.

Nilai tukar rupiah bergerak menguat terhadap dolar AS menyusul aksi spekulasi pasar terhadap harapan perbaikan ekonomi domestik, pemerintah yang cukup gencar mengeluarkan berbagai kebijakan dalam rangka mendorong perekonomian nasional memberi harapan bagi investor terhadap pasar keuangan di dalam negeri.

Rencananya pemerintah akan mengeluarkan kembali paket kebijakan ekonomi jilid V untuk mendorong penerimaan pajak. Itu akan positif bagi negara. Kendati demikian, lanjut dia, sebagian pelaku pasar juga masih menanti hasil implementasi paket kebijakan yang telah dikeluarkan sehingga tidak menimbulkan spekulasi yang tinggi di pasar keuangan.

Beberapa hari terakhir, kisaran pergerakan nilai tukar rupiah cukup lebar, itu menandakan situasi pasar keuangan kurang kondusif. Pengamat pasar uang Bank Himpunan Saudara Rully Nova mengharapkan paket kebijakan ekonomi jilid V yang akan diluncurkan dapat direspon positif oleh pelaku pasar keuangan di tengah sentimen eksternal yang cenderung belum mendukung penguatan mata uang di negara-negara berkembang, termasuk rupiah.

Pelaku pasar uang domestik masih dibayangi oleh sentimen dari rencana bank sentral Amerika Serikat (the Fed) menaikan suku bunga acuannya karena potensi kenaikan masih cukup terbuka. Sementara itu, dalam kurs tengah Bank Indonesia (BI) mencatat nilai tukar rupiah bergerak menguat menjadi Rp13.640 dibandingkan hari sebelumnya Rp13.696.

Yulia Safrina, Research and Analyst Monex Investindo Futures, mengatakan, pelemahan terjadi karena pasar mengantisipasi data tenaga kerja AS, yang dirilis akhir pekan lalu. Selain itu, dollar AS juga menguat lantaran poundsterling melemah ke level terendahnya dalam 31 tahun terakhir. “Mata uang Asia, seperti rupiah, juga terkena imbas negatif pasar keuangan China yang masih libur,” tambah Yulia.

Untungnya fundamental dalam negeri cukup oke, sehingga rupiah tidak jatuh lebih dalam lagi. Hari ini (10/10), rupiah diprediksi kembali menguat. Sebab, data-data ketenagakerjaan yang dirilis AS di akhir pekan lalu ternyata tidak terlalu positif. Ini jadi sentimen positif buat rupiah.

 

 

Sumber : http://pasarmodal.inilah.com/read/detail/2246933/aksi-spekulasi-pasar-rupiah-naik-terhadap-dolar

Comments are closed.