Rupiah semakin berkibar

Seorang karyawan menata uang di cash center BNI di Jakarta, Rabu (19/3). Sejumlah pengamat ekonomi memprediksi nilai tukar rupiah akan mengalami penguatan setelah pemilihan umum (pemilu) mendatang dan merespons positif atas terbentuknya pemerintahan baru pada Oktober 2014. ANTARA FOTO/Prasetyo Utomo/pd/14

PT Bestprofit Futures | Rupiah semakin berkibar

 

Bestprofit-futures : JAKARTA – Kurs rupiah terhadap dollar Amerika Serikat (AS) di pasar spot sempat menyentuh level terkuat selama empat bulan, sebelum melemah 0,12% ke Rp 13.394 per dollar AS. Menurut kurs tengah Bank Indonesia (BI), kurs rupiah di posisi 13.333, naik 1,06% ketimbang hari sebelumnya. Analis SoeGee Futures Nizar Hilmi berpendapat, koreksi rupiah yang terjadi masih wajar.

Pelemahan yang terjadi lebih karena koreksi setelah penguatan tajam sebelumnya. Ini kecil ketimbang penguatan yang terjadi sepekan terakhir. Paket kebijakan ekonomi yang dianggap membuahkan hasil memberi sentimen positif. Hasil lelang obligasi negara yang mencapai Rp 16,3 triliun turut menopang kurs. Ini menunjukan minat asing terhadap SUN tinggi dan menyebabkan rupiah menguat.

Analis pasar uang Bank Mandiri Rully Arya Wisnubroto menyatakan, data ekonomi domestik, seperti produk domestik bruto dan neraca perdagangan, menunjukkan penguatan. Ini juga jadi sentimen positif. Selain itu, pasar menunggu keputusan BI rate.

Ekspektasinya, dalam RDG Kamis, suku bunga acuan BI turun 25 basis poin jadi 7%. Hitungan Rully, hari ini rupiah menguat ke kisaran Rp 13.325-Rp 13.400. Nizar memprediksi, rupiah akan menguat antara Rp 13.200–Rp 13.350.

Tekanan juga berasal dari aksi Bank Sentral AS (The Fed) yang menjanjikan bakal ada kenaikan suku bunga dalam jangka pendek. Namun, koreksi bersifat terbatas karena masih ada katalis positif yang membalut rupiah. “Pasar mulai euforia dengan perkembangan kebijakan tax amnesty,” tuturnya.

Analis Pasar Uang Bank Mandiri, Rully Arya Wisnubroto menambahkan, sejatinya rupiah terdorong oleh pelonggaran kebijakan moneter Bank Indonesia (BI). Pada Kamis, BI 7 day reverse repo rate dipangkas sebesar 25 bps menjadi 5%. Ini akan berdampak positif bagi pertumbuhan ekonomi domestik.

 

Sumber : http://investasi.kontan.co.id/news/rupiah-semakin-berkibar

Comments are closed.