Tekanan terhadap rupiah semakin kuat pekan ini

Seorang petugas menghitung uang Rupiah di Kantor Pusat BNI Jakarta, Senin (12/10). Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS ditutup pada level 13.408 per dolar AS, naik empat poin atau 0,03 persen dari penutupan sebelumnya. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/ama/15

PT Bestprofit Futures | Tekanan terhadap rupiah semakin kuat pekan ini

 

Bestprofit-futures : JAKARTA. Tekanan rupiah semakin kuat mendekati rapat Federal Open Market Committee (FOMC)  pekan ini. Namun, di awal pekan, ada peluang mata uang Garuda rebound teknikal, di pasar spot, rupiah melemah 0,28% ke Rp 13.993 per dollar AS. Kurs tengah Bank Indonesia mencatat, rupiah menguat 0,12% ke Rp 13.937 per dollar AS.

Research and Analyst Divisi Tresuri BNI Trian Fatria menyebut, pelemahan rupiah terus terjadi karena pelaku pasar berekspektasi The Fed bakal mengerek suku bunga pada akhir tahun ini. Apalagi, di dalam negeri, kebutuhan dollar meningkat jelang akhir tahun untuk membayar utang. Trian menduga, awal pekan ini, rupiah masih akan di area negatif. “Masih akan didominasi sentimen  FOMC,” tuturnya.

Research and Analyst Fortis Asia Futures Andri Hardianto bilang, rupiah juga terseret penurunan cadangan devisa dan koreksi harga komoditas. Namun, Andri menduga, awal pekan ini, ada peluang rupiah rebound teknikal. Terutama, jika neraca dagang domestik bisa surplus sesuai perkiraan. Rupiah diprediksi bergulir antara Rp13.900-Rp 14.000 per dollar AS. Trian menebak, rupiah rentan jatuh ke Rp 13.890-Rp 14.000 per dollar AS.

Setelah sempat menguat tajam, Rabu , rupiah kembali mengalami pelemahan. Pada pasar spot, rupiah loyo di level Rp 12.957 per dollar AS atau melemah sebesar 0,02% dibandingkan hari sebelumnya yang menginjak level Rp 12.955 per dollar AS.

Namun pada kurs tengah Bank Indonesia (BI) pagi tadi, mata uang Garuda bertengger di level Rp 12.926 atau menguat sebanyak 0,77% dari sehari sebelumnya yang ditutup di level Rp 13.027 per dollar AS.

 

Sumber : http://investasi.kontan.co.id/news/tekanan-terhadap-rupiah-semakin-kuat-pekan-ini

Comments are closed.