Rupiah sudah mengantisipasi The Fed

Kurs rupiah menguat rebound naik membaik pulih

PT Bestprofit Futures | Rupiah sudah mengantisipasi The Fed

 

Bestprofit-futures : JAKARTA. Menjelang keputusan suku bunga The Fed, pergerakan rupiah akan cenderung terbatas. Meski demikian, investor sudah memperhitungkan kenaikan suku bunga. Di pasar Spot, valuasi rupiah terhadap dollar AS menguat 0,45% dari sehari sebelumnya ke Rp 13.953.

David Sumual, Ekonom Bank Central Asia menyatakan, naiknya indeks penjualan ritel dalam negeri menambah optimisme bahwa sektor konsumen masih kuat menopang ekonomi dalam negeri. Di samping itu, David menduga penguatan rupiah seiring dengan rebound harga komoditas.

Namun demikian, pergerakan rupiah selanjutnya minim sentimen dalam negeri. Data neraca perdagangan baru akan dirilis pekan depan. Demikian juga dengan BI rate yang baru diumumkan setelah rapat The Fed.

Data ekonomi yang akan mempengaruhi pergerakan rupiah di akhir pekan diantaranya data klaim pengangguran AS bulan November yang diprediksi turun menjadi 266.000 dari sebelumnya 269.000. Jika sesuai prediksi, maka akan meningkatkan potensi naiknya suku bunga The Fed sehingga positif bagi dollar AS.

David memperkirakan pergerakan rupiah saat ini sudah memperhitungkan kenaikan suku bunga The Fed. Dengan demikian, jika The Fed menaikkan suku bunga pekan depan, investor sudah tidak lagi terkejut.

Tekanan juga berasal dari aksi Bank Sentral AS (The Fed) yang menjanjikan bakal ada kenaikan suku bunga dalam jangka pendek. Namun, koreksi bersifat terbatas karena masih ada katalis positif yang membalut rupiah. “Pasar mulai euforia dengan perkembangan kebijakan tax amnesty,” tuturnya.

Rully menduga, ruang penguatan rupiah bakal terbatas pada Senin. Sebab, pasar dalam negeri maupun eksternal masih minim data di pengujung bulan. BI juga cenderung akan mengintervensi apabila rupiah menguat tajam. “Secara fundamental rupiah stabil. Kalau ada koreksi juga secara teknikal,” terangnya.

 

Sumber : http://investasi.kontan.co.id/news/rupiah-sudah-mengantisipasi-the-fed

Comments are closed.