Rp13.987, Rupiah Turun 135 Poin Terhadap Dolar AS

Sejumlah pegawai menata uang sebelum didistribusikan di Cash Centre Bank BNI, Jakarta, Rabu (8/7). Bank BNI menyiapkan uang tunai sebanyak Rp.60 triliun atau naik 10 persen dari tahun lalu guna memenuhi kebutuhan uang tunai nasabah untuk keperluan Lebaran. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/Koz/ama/15.

PT Bestprofit Futures | Rp13.987, Rupiah Turun 135 Poin Terhadap Dolar AS

 

Bestprofit-futures : Jakarta – Nilai tukar rupiah yang tertransaksikan antarbank di Jakarta, sore bergerak melemah sebesar 135 poin. Rupiah menjadi Rp13.987 dibandingkan posisi sebelumnya di Rp13.852 per dolar AS.

Pengaruh dari China dan Amerika Serikat menjadi sentimen utama nilai tukar rupiah mengalami depresiasi cukup dalam pada hari ini ujar Analis LBP Enterprise Lucky Bayu Purnomo, di Jakarta.

Ia memaparkan, prediksi ekonomi China, yang masih melambat akibat dana anggaran belanja modalnya yang terkoreksi akan mengganggu pertumbuhannya. Situasi itu, memicu arus modal di China cenderung keluar sehingga menekan mata uang yuan. Potret China yang negatif itu memicu pasar keuangan di kawasan Asia menjadi kurang dinamis, yang akhirnya berdampak negatif bagi nilai tukar rupiah.

Di sisi lain, lanjut dia, harga minyak mentah dunia yang masih berada dalam tren penurunan dinilai masih akan membayangi laju perekonomian Tiongkok dan negara-negara berkembang lainnya. Kondisi itu menambah dorongan pelaku pasar untuk menghindar aset berisiko di negara berkembang.

Ia menambahkan, beberapa data ekonomi Amerika Serikat, salah satunya tingkat kemampuan produksinya yang meningkat, memberi harapan laju ekonomi di negeri Paman Sam itu membaik. Pelaku pasar cenderung memburu aset-aset di Amerika Serikat melalui dolar AS dan situasi itu yang juga menekan depresiasi rupiah cukup dalam,” ujar dia.

Kendati demikian, ia mengharapkan kebijakan Bank Indonesia yang telah memangkas suku bunga acuannya menjadi 7,25 persen dapat meredam kecemasan pasar terhadap ekonomi domestik.

Pemangkasan BI rate diharapkan memberi ruang bagi pertumbuhan kredit di dalam negeri serta produk barang domestik dapat terserap sehingga menjaga optimisme pelaku pasar terhadap perekonomian lokal,” katanya. Sementara itu, kurs tengah Bank Indonesia (BI), mencatat nilai tukar rupiah bergerak menguat menjadi Rp13.896 dibandingkan hari sebelumnya di posisi Rp13.921 per dolar A.

 

Sumber : http://pasarmodal.inilah.com/read/detail/2268340/rp13987-rupiah-turun-135-poin-terhadap-dolar-as

Comments are closed.