Sektor manufaktur himpit posisi euro

sektor

PT Bestprofit Futures | Sektor manufaktur himpit posisi euro

 

PT Bestprofit-Futures Pekanbaru – JAKARTA. Pemesanan pabrikan baru di wilayah Eropa tergolong melempem. Pasalnya kenaikan yang terjadi merupakan kenaikan terkecil sejak 18 bulan terakhir. Data yang dikutip dari http://www.forexfactory.com, menunjukkan PMI manufaktur Eropa Juli 2016 turun dari 51,8 menjadi 51,7. Ini merupakan perlambatan yang terjadi akibat penurunan aktivitas baik domestik maupun ekspor akibat tingginya ketidakpastian di Eropa pasca Brexit.

Manufaktur wilayah Eropa menunjukkan pelemahan performa di Juli dan bisa berdampak ke Agustus 2016 ini, diprediksi perlambatan akan terus berlanjut dalam beberapa bulan mendatang,” tutur Chris Williamson, Chief Business Economist IHS Markit seperti dikutip dari Bloomberg.

Diprediksi lemahnya permintaan yang masuk ke manufaktur Eropa terjadi karena imbas dari Brexit terhadap ekonomi Eropa. Menurut analis imbas dari buruknya data ekonomi ini akan membuat European Central Bank (ECB) bisa memutuskan melakukan pelonggaran moneter lanjutan. Kepastian akan itu bisa didapat dalam pertemuan ECB pekan depan.

Secara keseluruhan index manufaktur Eropa tercatat turun dengan pelemahan terdalam yang dipimpin oleh Perancis. Kejatuhan aktivitas manufaktur di Prancis dan Italia menjadi penyebab utama lemahnya aktivitas Eropa meski enam negara lainnya seperti Jerman dan Belanda catatkan kenaikan aktivitas.

Mengutip Bloomberg, Kamis pukul 19.15 WIB pasangan EUR/GBP menukik 1,01% menjadi 0,8406. Sejalan dengan pasangan EUR/USD yang tergelincir 0,18% di level 1,1138. Serta EUR/AUD yang merosot 0,17% di level 1,4817.

 

Sumber : http://investasi.kontan.co.id/news/sektor-manufaktur-himpit-posisi-euro

Comments are closed.