Sentimen global bisa bikin IHSG sumringah

Aktivitas di lantai Bursa Efek Indonesia (BEI). KONTAN/Cheppy A. Muchlis/17/08/2016PT Bestprofit Futures | Sentimen global bisa bikin IHSG sumringah

 

 PT Bestprofit-Futures Pekanbaru – JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bergerak dengan fluktuasi tinggi pada Senin. Setelah naik turun tajam, IHSG ditutup naik 0,21% ke level Rp 5.427,17. Setelah mencatat jual bersih di akhir pekan, investor asing kembali mencetak pembelian bersih Rp 239,9 miliar. Liga Maradona, analis Recapital Securities, melihat, saham-saham yang banyak dibeli oleh asing seperti ASII, TLKM, BBNI, RALS, dan BMRI. Saham yang banyak dijual asing adalah BBCA, BBRI, BJTM, JSMR, dan INCO.

Muhammad Al Amin, analis Millenium Dantama Sekuritas, mengatakan, perubahan suku bunga acuan dari BI rate menjadi 7 days reverse repo rate juga menjadi menjadi penopang penguatan indeks pada perdagangan kemarin dan hari ini. Amin memprediksi, IHSG hari ini akan menguat dengan support di 5.386 dan resistance di 5.476. Liga memprediksi, IHSG akan melanjutkan penguatan dengan rentang 5.390-5.460.

Sentimen dari bursa global terhadap penguatan IHSG adalah pernyataan Gubernur The Fed terkait suku bunga acuan yang tidak akan banyak berubah. “Kondisi ekonomi di Amerika Serikat juga tetap bertumbuh,” kata Liga. Saham-saham yang bisa dicermati pada perdagangan hari ini diantaranya JSMR, WTON, PGAS, BBNI, dan BBRI.

Sementara itu, sembilan sektor bergerak positif. Tiga sektor dengan kenaikan terbesar antara lain: sektor infrastruktur naik 1,05%, sektor industri lain-lain naik 0,8%, dan sektor pertambangan naik 0,47%.

Saham-saham top gainers indeks LQ 45 pagi ini di antaranya: PT Hanson International Tbk (MYRX) naik 3,65% menjadi Rp 142, PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) naik 2,42% menjadi Rp 635, dan PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) naik 1,86% menjadi Rp 2.740.

 

Sumber : http://investasi.kontan.co.id/news/sentimen-global-bisa-bikin-ihsg-sumringah

Comments are closed.