The Fed masih akan membayangi mata uang Asia

the fed

PT Bestprofit Futures | The Fed masih akan membayangi mata uang Asia

 

Bestprofit-futures : JAKARTA. Performa USD yang gemilang di sepanjang tahun 2015 menenggelamkan mata uang Asia. Dari sejumlah mata uang, kinerja ringgit Malaysia paling jeblok. Sementara yen Jepang menjadi mata uang Asia paling mengkilap.

Pairing USD/IDR senilai 13.943. Lalu pasangan USD/SGD senilai 1,4227, USD/MYR 4,3470. Sedangkan pukul 16.25 WIB, USD/JPY senilai 119,00, USD/CNY senilai 6,5313 dan USD/KRW senilai 1.187,63.

Sepanjang tahun 2015, USD/MYR melambung paling tajam yakni 22,78%. Disusul USD/IDR dengan penguatan 11,30%, USD/KRW sebesar 7,7%, USD/SGD sebanyak 7,01%. Sedangkan USD/CNY hanya naik 4,6% dan USD/JPY hanya menguat tipis 0,0030%.

Anthonius Edyson, Time Analysts PT Astronacci International Futures mengatakan, Inggris merilis data inflasi bulan Agustus yang masih stagnan di level 0,6% secara year on year. Data tersebut menjadi beban pada laju sterling di hadapan CAD. “Ekonomi Inggris masih tergolong stagnan dan belum ada sentimen yang mempercepat laju perekonomian,” paparnya.

Meski demikian, GBP masih menguat terhadap dollar Kanada lantaran tertekan data ekonomi Kanada yang mengecewakan. Inflasi Kanada bulan Agustus tetap di level 0,0% serta di bawah proyeksi sebesar 0,2%. “Inflasi Kanada membuat pasangan GBP/CAD sedikit menguat, tetapi tren tetap bearish,” lanjut Edyson.

Peluang koreksi GBP/CAD dapat terjadi di awal pekan mengingat sepinya sentimen, baik dari Inggris maupun Kanada. Edyson merekomendasikan sell on strength untuk pasangan GBP/CAD.

Meskipun dalam jangka pendek tembaga masih banyak diselimuti sentimen positif, Ibrahim menilai hingga akhir tahun harga logam ini cenderung fluktuatif. Hal ini dikarenakan ada kecenderungan dari bank sentral AS untuk menaikkan suku bunga. 

 

Sumber : http://investasi.kontan.co.id/news/the-fed-masih-akan-membayangi-mata-uang-asia

Comments are closed.