Transaksi multilateral BBJ bulan Juli naik 6,9%

Perdagangan komoditas di Bursa Berjangka Jakarta (BBJ). KONTAN/Baihaki/7/1/2015PT Bestprofit Futures | Transaksi multilateral BBJ bulan Juli naik 6,9% 

 

PT Bestprofit-Futures Pekanbaru – JAKARTA. Volume transaksi multilateral PT Bursa Berjangka Jakarta (BBJ) mencatat kenaikan sepanjang bulan Juli 2016. Transaksi emas dan kopi meningkat, sedangkan kakao dan olein tercatat turun. Berdasarkan rilis laporan transaksi BBJ, total transaksi multilateral sepanjang bulan Juli naik 6,9% menjadi 77.172 lot dibanding bulan sebelumnya. Sementara jika dibandingkan dengan Juli 2015, total transaksi melambung 57,9%.

Transaksi produk kopi mencatat kenaikan cukup solid secara bulanan yakni sebesar 15,8% menjadi 36.240 lot. Disusul dengan transaksi emas dengan kenaikan 3,8% ke angka 28.598 lot. Sementara transaksi produk olein terlihat jeblok dengan penurunan 7,4% menjadi 9.548 lot dan kakao turun 2,8% menjadi 2.786 lot.

Secara total, transaksi multilateral BBJ hingga bulan Juli mencapai 489.054 lot. Tahun ini, BBJ tetap menargetkan kenaikan transaksi multilateral sebesar 250% menjadi 1,5 juta lot. Kami terus mengejar target tahun ini, ujar Direktur Utama BBJ, Stephanus Paulus Lumintang akhir pekan lalu.

Gubernur BoJ Haruhiko Hubert Kuroda akan mengumumkan langkah-langkah yang berasal dari tinjauan kebijakan moneter, beberapa analis mengatakan tekanan yang kuat oleh Perdana Menteri Shinzo Abe untuk mendapatkan pegangan yang lebih jelas tentang pilihan-pilihan kebijakan yang efektif. Goldman Sachs mengharapkan BoJ untuk mempertahankan kerangka kebijakan saat ini pada pertemuan minggu depan dan menggunakan penilaian yang komprehensif untuk meningkatkan visibilitas arah kebijakan masa depan.

Di pasar AS, Gubernur Fed Lael Brainard mengatakan pada hari Senin bahwa kasus untuk mengencangkan kebijakan moneter dalam beberapa bulan mendatang ini kurang menarik. Komentar dibasahi harapan pada pertemuan berikutnya. Fed rate monitor menunjukkan kesempatan untuk kenaikan suku bunga minggu depan hanya berkisar 15%.

Tadi malam, si kuning berjuang di tingkat terendah dalam hampir dua minggu selama sesi Eropa, diawasi ketat laporan penjualan ritel AS pada malam ini, yang diharapkan dapat membentuk ekspektasi suku bunga pasar jangka pendek. Pada perdagangan Comex lainnya, spot perak untuk pengiriman Desember naik 0.17% di level $19.098 troy ons, dan tembaga naik 0.05% di level $2.153 troy pound.

 

Sumber : http://investasi.kontan.co.id/news/transaksi-multilateral-bbj-bulan-juli-naik-69

Comments are closed.