Yen melemah, bursa Jepang melaju lagi

yen melemah

PT Bestprofit Futures | Yen melemah, bursa Jepang melaju lagi

Bestprofit-futures : TOKYO. Bursa Jepang dibuka melesat pada awal transaksi pagi ini, pada pukul 09.01 waktu Tokyo, indeks Topix naik 0,8% menjadi 1.575,57. Dengan demikian, indeks acuan Negeri Sakura ini sudah melompat 14% dari posisi terendahnya dalam 8 bulan terakhir pada 29 September lalu. Sedangkan indeks Nikkei 225 Stock Average naik 0,7% menjadi 19.391,84.

Kenaikan bursa Jepang dipicu oleh pelemahan yen akibat spekulasi kenaikan suku bunga AS pada bulan depan. Spekulasi tersebut membuat posisi dollar AS kian perkasa dibanding mata uang dunia lainnya, tak terkecuali yen.

Pagi ini, nilai tukar yen berada di level 123,22 per dollar AS. Pada akhir pekan lalu (6/11), yen keok hingga 1,1% setelah data tenaga kerja AS menunjukkan kenaikan yang signifikan. Data tersebut juga mengerek kemungkinan kenaikan suku bunga AS pada tahun ini menjadi 68%.

Kuatnya data tenaga kerja AS pada Oktober menyokong spekulasi kenaikan suku bunga pada Desember. The Fed sepertinya tidak akan melakukan apapun yang dapat mengancam pertumbuhan global dan hal ini dapat membantu proses pemulihan ekonomi global terus berlanjut. Pasar masih berada dalam tren positif, papar Shane Oliver, strategist AMP Capital Investors Ltd yang berbasis di Sydney.

kembali terpuruk pada perdagangan siang ini karena sentimen negatif mengenai batas waktu akan dimulainya Inggris keluar dari Uni Eropa, antisipasi data Contruction PMI Inggris yang diperkirakan turun juga telah berperan membayangi tekanan terhadap GBPJPY.

Pada grafik M30 GBPJPY membentuk pola candle hanging man dengan RSI moderat dan stochastic turun sedangkan volume bergerak decrease menggambarkan bullish reversal dari GBPJPY kurang didukung pasar. Untuk pergerakan selanjutnya jika melihat pola seperti ini maka ada kecenderungan GBPJPY melemah lagi dengan perkiraan

Sumber : http://investasi.kontan.co.id/news/yen-melemah-bursa-jepang-melaju-lagi

Comments are closed.