Yen mulai tertekan menghadapi euro

A two Euro coin is pictured next to an English ten Pound note in an illustration taken March 16, 2016. REUTERS/Phil Noble/Illustration

PT Bestprofit Futures | Yen mulai tertekan menghadapi euro

 

Bestprofit-futures : JAKARTA – Yen mulai tertekan di tengah kekhawatiran pelaku pasar. pairing EUR/JPY menguat 0,42% ke level 122,45 dibanding sehari sebelumnya. Analis PT Esandar Arthamas Berjangka, Tonny Mariano menyatakan, penguatan EUR/JPY disebabkan oleh aksi profit taking lantaran pekan lalu sudah menguat cukup signifikan. Yen tertekan lantaran pelaku pasar khawatir akan penguatan Yen.

Pemerintah Jepang tidak ingin Yen menguat terlalu signifikan karena akan mengganggu aktivitas ekspor – impor Jepang. Biasanya, pemerintah akan melakukan intervensi secara verbal jika JPY terus menguat.

Departemen keuangan AS kini memasukkan yen dalam mata uang yang akan dicermati pergerakannya. Sementara jika dilihat dari data ekonomi baik dari Eropa maupun Jepang cenderung positif. Jepang merilis data Final Manufacturing PMI bulan April dengan proyeksi naik ke level 48,2 dari sebelumnya di level 48,0.

Pergerakan EUR/JPY selanjutnya menurut Tonny akan tergantung dari pernyataan Gubernur Bank Sentral Eropa (ECB), Mario Draghi mengingat JPY akan sepi sentimen pada Selasa.

Index dolar AS, yang mengukur nilai greenback terhadap enam mata uang utama, berada pada 95,41. USD / JPY melemah 0,03% dan menetap pada 100,94, sementara AUD / USD diperdagangkan melemah 0,16% ke 0,7610.

Di Selandia Baru neraca perdagangan melebar ke defisit NZ $ 3,1 miliar pada bulan Agustus dari tahun ke tahun, dibandingkan dengan NZ $ 2,7 miliar yang diperkirakan. NZD / USD diperdagangkan pada 0,7229, melemah 0,21%.

Pada minggu mendatang, Ketua Federal Reserve Janet Yellen akan berbicara di tengah ketidakpastian yang sedang berlangsung atas waktu kenaikan suku bunga AS berikutnya. Serta, pidato dari Presiden Bank Sentral Eropa Mario Draghi akan menjadi fokus untuk petunjuk baru pada apakah ECB akan meningkatkan stimulus moneter dalam beberapa bulan mendatang untuk meningkatkan inflasi dan menopang perekonomian.

 

Sumber : http://investasi.kontan.co.id/news/yen-mulai-tertekan-menghadapi-euro

Comments are closed.