Kembalinya Sang Legenda Sepuh

SangPT BESTPROFIT Di sebuah lapangan berlumpur di Desa Jerlun, Negara Bagian Kedah, Malaysia, baru baru ini ribuan petani dan sopir taksi berkerumun gelap-gelapan seperti menunggu sesuatu. Sekitar pukul 22.00 waktu setempat sosok yang ditunggu datang. Massa kemudian menyerbu ke arah sebuah sedan BMW sambil berteriak mengelu-elukan sosok pria sepuh yang keluar dari mobil.

Dia adalah Mahathir Mohamad, sang perdana menteri terlama Malaysia berusia 92 tahun itu kini kembali bertarung di dunia politik. Setelah memimpin Malaysia sejak 1981 hingga 2003 (selama 22 tahun), Mahathir kini kembali turun gunung untuk menantang juniornya sendiri, Perdana Menteri Najib Razak pada pemilihan umum hari ini.

Sebagai pemimpin partai oposisi Mahathir saat ini berupaya menumbangkan kekuasaan partai yang sudah 61 tahun berkuasa di Negeri Jiran.Di depan massa pendukungnya di dekat perbatasan Thailand, tidak jauh dari kampung kelahirannya, Mahathir mengatakan meski dia tidak punya banyak waktu dalam pemilu kali ini, dia memutuskan kembali bertarung untuk memperbaiki kesalahan terbesar dalam hidupnya: memilih Najib sebagai perdana menteri. BEST PROFIT

Mahathir sebelumnya membantu naiknya Najib menjadi perdana menteri menggantikan Abdullah Badawi. Saya harus meminta maaf karena saya bekerja keras untuk mengganti Badawi dengan Najib,” kata dia kepada massa di Jerlun, seperti dilansir laman Time, Selasa. Saya pikir Najib akan mengikuti jejak ayahnya, tapi sayangnya dia punya filosofi lain. Najib meyakini uang adalah raja.”

Perdana Menteri Najib Razak kini dibelit kasus dugaan korupsi badan pemerintah 1MBD sebesar lebih dari USD 1 miliar. Meski Najib sudah membantah segala tudingan, sedikitnya ada 10 negara kini tengah menyelidiki kasus pencucian uang itu, termasuk Departemen Kehakiman AS. Dr Mahathir bergabung dengan Organisasi Bangsa Melayu Bersatu (UMNO) pada usia 21 tahun. Dia menjalankan praktik dokter selama tujuh tahun di rumahnya di Kedah sebelum menjadi anggota parlemen pada 1964.

Mahathir kemudian terdepak dari parlemen pada 1969 ketika dia menulis surat terbuka mengkritik Perdana Menteri Tunku Abdul Rahman. Setelah itu dia menulis sebuah buku kontroversial The Malay Dilemma. Di buku itu dia menulis etnis Melayu selama ini terpinggirkan. BESTPROFIT

Keberanian Mahathir itu membuat dia kembali diajak bergabung ke partai dan terpilih kembali ke dalam parlemen pada 1974. Selanjutnya Mahathir menjadi menteri pendidikan dalam dalam tempo empat tahun dia menjadi wakil ketua UMNO. Selang tiga tahun kemudian dia terpilih jadi perdana menteri.

Sebagai seorang dokter, Mahathir menghabiskan waktunya mendiagnosa penyakit Malaysia dan memperbaiki ekonomi Negeri Jiran. Di bawah kepemimpinannya Malaysia menjadi salah satu macan Asia pada era 1990-an. Menara Kembar Petronas adalah bukti ambisinya.

Meski begitu selama dia berkuasa para pengkritik kerap dibungkam dan dijebloskan ke penjara tanpa pengadilan, media juga dikekang dan para hakim dipecat. Mahathir memang seorang tiran tapi dia banyak berjasa buat Malaysia. Pada masanya Malaysia dianggap sejajar dengan Korea Selatan,” ujar Eric Paulsen, aktivis dan direktur eksekutif LSM Malaysia Lawyers for Liberty.

Di bawah Mahathir, kehidupan lebih mudah, orang punya pekerjaan, biaya hidup tidak terlalu berat,” kata Rosli, buruh harian di Langkawi.Hari ini rakyat Malaysia akan menentukan apakah Sang Sepuh itu akan kembali terpilih jadi perdana menteri atau tidak. Mahathir bukan saja Legenda Langkawi, dia Legenda Malaysia,” kata warga bernama Asimah.

Leave a Reply