Penduduk ogah punya anak, angka kelahiran di AS menurun drastis

anakPT BESTPROFIT Angka kelahiran di Amerika Serikat menurut ke tingkat terendah dalam tiga puluh tahun terakhir. Tercatat pada 2017, hanya ada 3,65 juta bayi lahir di AS. Jumlah tersebut paling sedikit sejak 1987. Laporan dirilis Pusat Nasional Statistik Kesehatan ini menunjukkan bahwa rendahnya angka kelahiran diakibatkan oleh penduduk wanita yang selalu menunda kehamilan.

Bahkan kini, kelahiran dari kalangan wanita usia remaja hingga 20 tahunan juga menurun. Sebaliknya, kelahiran justru berasal dari wanita kisaran usia 40 sampai 44. Selain tingkat kelahiran, tingkat kesuburan penduduk AS juga menurun. Bahkan tingkat kesuburannya lebih rendah dibanding Inggris, meski AS masih tergolong tinggi dibanding beberapa negara lain. BEST PROFIT

Menurut pakar dari Universitas John Hopkins, Donna Strobino, angka kelahiran yang menurun ini biasa terjadi saat negara lebih berkembang. Banyak wanita yang lebih memprioritaskan pekerjaan dari pada kehamilan. Perempuan menjadi lebih terdidik. Mereka aktif di dunia kerja dan fokus mengejar karir mereka,” kata Strobino, dikutip dari BBC.

Dan sampai ada kebijakan yang benar-benar mengharuskan wanita berhenti sejenak dari pekerjaannya, maka kemungkinan besar mereka akan terus melanjutkan penundaan ini,” tambahnya. Sebagaimana diketahui, AS adalah satu-satunya negara maju di dunia yang tidak menyediakan jenis paket cuti keluarga kepada orangtua baru. BESTPROFIT

Selain itu, akses terhadap alat kontrasepsi juga tinggi sehingga banyak masyarakat yang memilih menunda kehamilan dari pada memiliki anak secepatnya. Jika hal ini terus berlanjut, maka di masa depan akan ada lebih sedikit orang muda di dunia kerja di AS. Di saat yang sama, rentang hidup yang meningkat juga akan membuat banyak orang lanjut usia di negara tersebut.

Mereka nantinya yang akan lebih membutuhkan perawatan dan sumber daya lain di masa mendatang. Meski demikian, ini tidak berarti populasi AS akan menurun secara drastis. Hanya saja, pertumbuhan manusia di negara adidaya ini akan berada di tingkat yang lebih lambat.

Comments are closed.