Rantai Motor Buatan BMW Diklaim Tak Bisa Aus dan Kendor

BMW Motorrad memperkenalkan desain baru rantai penggerak roda yang diklaim tak perlu perawatan dan diutak-utik untuk mengencangkan. Rantai baru ini diberi nama M Endurance.

Secara kasat mata M Endurance terlihat seperti rantai biasa yang menggunakan mata rantai bentuk X. Rahasia rantai buatan BMW ini ada pada material pelapis yang disebut tetrahedrally amorphous carbon (ta-C).

Pelapis itu, sejenis berlian untuk industri, digunakan pada bagian roller dan bushing. BMW mengklaim ta-C tidak aus karena gesekan metal dalam jangka waktu lama dan menawarkan koefisien gesekan yang rendah.

 

BMW menjelaskan performa ta-C berada di antara pelapis Diamond Like Carbon (DLC), yang biasa dipakai pada tabung suspensi, dengan berlian asli.

Penggunaan ta-C membuat M Endurance tak perlu perawatan atau pembersihan. Desain baru ini juga disebut tidak akan longgar dan tetap mempertahankan ukurannya.

Teknologi rantai dari BMW menarik sebab merek Jerman ini ikonik menawarkan moge dengan sistem gerak gardan. Bisa jadi BMW ingin merancang model baru dengan sistem penggerak rantai dengan orientasi performa mengingat desain rantai diberi nama merek ‘M’, divisi performa mobil BMW.

Menurut ultimatemotorcycling.com, M Endurance yang terdiri dari 525 mata rantai awalnya ditujukan untuk superbike S 1000 RR dan sport tourer S 1000 XR.

“Lebih jauh … beberapa model disiapkan untuk fitur ini,” kata narasumber BMW.

1Pingbacks & Trackbacks on Rantai Motor Buatan BMW Diklaim Tak Bisa Aus dan Kendor