Rp14.128, Rupiah Cuma Naik Tipis 4 Poin

Bestprofit-futures : Jakarta – Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta, sore bergerak menguat tipis sebesar empat poin. Rupiah menjadi Rp14.128 dibandingkan posisi sebelumnya di posisi Rp14.132 per dolar AS.

rupiah

 

 

 

 


Kondisi pasar keuangan regional yang bervariasi membuat penguatan nilai tukar rupiah cenderung bergerak terbatas, hal itu karena sentimen positif dan negatif yang datang secara bergantian,” tegas analis pasar uang Bank Himpunan Saudara Rully Nova di Jakarta.

Menurut Rully Nova, sentimen positif dari angka inflasi Agustus 2015 yang telah diumumkan awal bulan September 2015 yang terbilang positif masih dibayangi sentimen eksternal yakni rencana Bank Sentral AS atau the Fed menaikkan suku bunga. “Naiknya suku bunga the Fed akan mendorong investor masuk ke Amerika Serikat karena seolah-olah investasi disana memberikan imbal hasil yang naik,” jelas dia.

Sementara itu analis PT Platon Niaga Berjangka Lukman Leong menambahkan bahwa saat ini, investor sedang menantikan data penggajian nonpertanian atau nonfarm payrolls (NFP) AS, yang sedianya akan diumumkan, Jumat (04/09/2015) untuk melihat kondisi terkini pasar tenaga kerja AS.

Proyeksi data NFP akan ada kenaikan, begitu juga dengan tingkat pengangguran Amerika Serikat yang diperkirakan turun. Jika proyeksi itu benar maka akan menandai berita positif terhadap AS yang mendukung penguatan dolarnya. Tapi jika dirilis sebaliknya maka tekanan turun terhadap dolar AS dapat terjadi.

Di sisi lain, lanjut Lukman Leong, sebagian investor juga masih dibayangi kebimbangan menyusul data sektor manufaktur yang menurun. Situasi itu membuat kenaikan tingkat suku bunga the Fed belum terlalu jelas kapan atau jadi tidaknya tahun ini. “Di tengah ketidakpastian itu membuat mata uang negara berkembang menjadi kurang diminati investor karena risikonya semakin tinggi.

Sementara itu, dalam kurs tengah Bank Indonesia (BI) mencatat nilai tukar rupiah bergerak melemah menjadi Rp14.160 dibandingkan sebelumnya di posisi Rp14.127 per dolar AS.

 

Sumber : http://pasarmodal.inilah.com/read/detail/2234874/rp14128-rupiah-cuma-naik-tipis-4-poin

 

Comments are closed.