Rupiah didukung faktor domestik

Bestprofit-futures : JAKARTA. Rupiah lebih tangguh melawan dollar AS. Sentimen positif dari domestik diduga bisa membawa rupiah berlanjut menguat hari ini, di pasar spot, mata uang Garuda terapresiasi 1,45% ke Rp 13.418 per dollar AS. Kurs tengah Bank Indonesia mencatat, rupiah menguat 1,98% ke Rp 13.288 per dollar AS.

Seorang pegawai menata uang sebelum didistribusikan di Cash Centre Bank BNI, Jakarta, Rabu (8/7). Bank BNI menyiapkan uang tunai sebanyak Rp.60 triliun atau naik 10 persen dari tahun lalu guna memenuhi kebutuhan uang tunai nasabah untuk keperluan Lebaran. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/Koz/ama/15.

 

Rully Arya Wisnubroto, Analis Pasar Uang Bank Mandir,i menilai, rupiah mendapat dukungan dari eksternal dan domestik. Di satu sisi, dollar sedang loyo, karena data ekonomi Paman Sam memburuk.

Dari internal, surplus neraca perdagangan per September melampaui perkiraan. Ini positif bagi rupiah, tuturnya. Rully menduga, data ekonomi kedua negara yang kontras masih akan menguntungkan rupiah.

Menurut Research and Analyst Fortis Asia Futures Andri Hardianto, sentimen rupiah cukup positif, sebab pasar menanti paket kebijakan ekonomi jilid 4. Paket ini diperkirakan fokus membuka lapangan kerja dan meningkatkan daya beli pekerja.

Prediksi Andri, sentimen positif ini bisa menopang rupiah ke rentang Rp 13.300-Rp 13.450 pada hari ini. Sementara, Rully menebak, rupiah menguat antara Rp 13.250- Rp 13.500 per dollar AS.

 

Sumber : http://investasi.kontan.co.id/news/rupiah-didukung-faktor-domestik

Comments are closed.