Rupiah Diperkirakan Bergerak di Kisaran Rp 11.956 per USD

9091Bestprofit Pekanbaru – Laju nilai tukar Rupiah berbalik melemah pada perdagangan akhir pekan kemarin. Bahkan, Rupiah kembali menyentuh level Rp 12.000 per USD seiring kembali maraknya sentimen negatif. Berita dalam negeri terkait rilis ADB yang memangkas pertumbuhan Indonesia tahun ini dari 5,7 persen menjadi 5,3 persen, direspons negatif berlebihan pelaku pasar.

Di sisi lain, sentimen negatif juga datang dari luar pasca-Presiden The Fed Dallas memberikan pernyataan indikasi akan adanya kenaikan suku bunga Fed rate lebih cepat sehingga berdampak pada melonjaknya dolar Amerika Serikat (AS). Laju Rupiah diperkirakan akan berada di bawah level support Rp 11.956 per USD. Kembali datangnya sentimen negatif membuat kurs Rupiah gagal melanjutkan penguatan. Diharapkan pelemahan yang ada dapat terbatas untuk mencegah Rupiah anjlok lebih dalam.

Masih melemahnya laju Euro terhadap dolar AS masih dinilai positif karena akan memberikan sentimen positif pada kinerja para emiten. Ekspektasi akan kenaikan GDP AS turut menambah sentimen positif.

Comments are closed.