Rupiah Melonjak 0.5% Akibat Rebound Teknikal

minyak1-700x357Bestprofit Pekanbaru – Mata uang dalam negeri mengalami kenaikan signifikan terhadap dollar AS pada perdagangan Kamis (19/6). Rupiah melonjak naik setelah kemarin terpukul anjlok hingga mencapai level paling rendah dalam lebih dari 16 bulan belakangan. Kenaikan rupiah pagi ini lebih dikarenakan rebound yang bersifat teknikal.

Kemarin mata uang rupiah anjlok dan mencapai level 12000 per dollar AS. Anjloknya rupiah disebabkan oleh kekhawatiran para investor mengenai ekskalasi krisi pemberontakan di Irak. Harga minyak mentah mulai merambat naik akibat potensi gangguan pasokan dari Irak.

Kenaikan harga minyak mentah global berpotensi untuk memperburuk defisit transaksi berjalan Indonesia. Ketergantungan impor minyak mentah Indonesia masih cukup tinggi sehingga kenaikan harga minyak global akan mengakibatkan pembengkakan impor.

Hari ini rupiah terpantau alami peningkatan signifikan. Mata uang tersebut berada pada posisi 11931 per dollar AS. Rupiah mengalami peningkatan sebesar 65 poin atau 0.54 persen dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangan kemarin.

Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memperkirakan bahwa pergerakan mata uang rupiah terhadap dollar AS pada perdagangan hari ini akan mengalami kenaikan terbatas. Diperkirakan mata uang tersebut akan mengalami pergerakan pada kisaran 11850 – 12050 per dollar AS.

(sumber:vibiznews)

Comments are closed.