Spesifikasi Kapal USS Bonhomme Richard AS yang Meledak

Kapal USS Bonhomme Richard dikabarkan meledak dan terbakar saat tengah berada di Pangkalan Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) di San Diego, AS, Minggu (12/7). Dalam kejadian itu, 21 orang dikabarkan mengalami luka dan telah dilarikan ke rumah sakit.

Otoritas terkait belum mengetahui penyebab kejadian tersebut. Mereka masih melakukan penyelidikan guna menyimpulkan penyebab peristiwa tersebut.

Melansir New York Times, USS Bonhomme Richard adalah satu dari delapan kapal amfibi kelas Wasp. Kapal itu dapat mengangkut lebih dari 1.000 pasukan.

 

Kapal yang diperkirakan seharga U$761 juta itu berfungsi sebagai pembawa helikopter dan pesawat tempur. Selain itu, kapal tersebut digunakan untuk mengangkut logistik dan kapal amfibi.

Melansir NVL, USS Bonhomme Richard dibangun oleh Ingalls Shipbuilding Corp dan pertama kali diluncurkan pada 1997. Dengan bobot maksimal lebih dari 40 ribu ton, USS Bonhomme Richard memiliki panjang sekitar 259 meter, beam 31,8 m, dan draft 8,1 m.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, USS Bonhomme mampu melaju dengan kecepatan 22 knot atau 41 kilometer/jam dan menjelajah sejauh 17.600 km.

Dalam menjalankan tugasnya, kapal itu dilengkapi dengan radar untuk mendeteksi musuh di udara dan darat, radar kontrol lalu lintas udara (ATC), hingga sistem navigasi udara taktis (TACAN).

Untuk pertahanan, USS Bonhomme Richard dilengkapi dua peluncur misil RIM-116, dua peluncur rudal Sea Sparrow RIM-7, dan dua sistem senjata Phalanx CIWS. Phalanx adalah sistem senjata penembak cepat yang dikontrol lewat komputer.

Selain itu, kapal itu juga memiliki tujuh senapan mesin dengan ukuran peluru bervariasi.

Jenis pesawat dan helikopter yang biasa diangkut oleh USS Bonhomme Richard adalah McDonnell Douglas AV-8B Harrier II; Lockheed Martin F-35 Lightning II; Bell AH-1 SuperCobra; Bell Boeing V-22 Osprey; Sikorsky CH-53E Super Stallion; Bell UH-1Y Venom; dan Sikorsky SH-60 Seahawk.

1Pingbacks & Trackbacks on Spesifikasi Kapal USS Bonhomme Richard AS yang Meledak