Thailand Tahan Suku Bunga Rendah Pasca Ketidakstabilan Politik

thai-flagBestprofit Pekanbaru – Dalam rangka pemulihan ekonomi global yang di pimpin oleh negara-negara besar serta dalam mempertahankan momentum dimana, AS terus tumbuh Bank Sentral Thailand (BoT) tetap mempertahankan suku bunga sebesar 2% seperti yang diharapkan. Selain itu bank sentral negeri yang kini dipimpin oleh militer memproyeksikan pertumbuhan PDB Thailand 2014 turun menjadi 1,5% dari 2,7%.

Pada kuartal pertama 2014 ekonomi Thailand mengalami kontraksi dari ketidakpastian politik yang membebani permintaan domestik dan pariwisata. Ekspor barang tidak bisa mengimbangi penurunan permintaan domestik, terjadi penurunan yang signifikan akibat ketidakpastian politik. Perlu adanya pendapatan keuntungan dari peningkatan belanja publik dan swasta.

Pemulihan yang lambat dalam ekspor barang dan pariwisata namun menimbulkan risiko penurunan pertumbuhan. Sementara itu, tekanan inflasi telah beringsut lebih tinggi.

Untuk meningkatkan ekonomi pasca ketidakpastian politik, pemerintah perlu melakukan fungsi manajemen kebijakan publik serta lebih mengaktifkan akomodasi kebijakan moneter dan kebijakan fiskal dengan mempertahankan suku bunga sebesar 2% per tahun.

Comments are closed.