Threads, Aplikasi Pesan Instan untuk Pengguna Instagram

Facebook mengenalkan aplikasi pendamping Instagram baru bernama Threads. Aplikasi ini akan mengadopsi banyak fitur populer Instagram agar memudahkan orang untuk secara pribadi berbagi foto dan video yang secara otomatis dihapus.

Threads dari Instagram adalah aplikasi terpisah yang dibuat untuk berkomunikasi dengan orang-orang terdekat di tempat yang lebih khusus dan privat. Aplikasi ini didesain dengan mengutamakan privasi, kecepatan, dan kedekatan hubungan.

Pengguna memiliki kontrol penuh untuk menentukan siapa saja yang bisa menghubungi mereka melalui Threads.

Threads didesain untuk komunikasi berbasis visual, agar pengguna bisa berbagi pesan berupa foto dan video dengan teman-teman terdekat dengan lebih cepat. Aplikasi Threads akan langsung mengarahkan pengguna ke kamera dan bisa membuat shortcut untuk mengirimkan foto dan video hanya dengan dua ketukan saja.

Director of Product Instagram Robby Stein menjelaskan aplikasi ini akan memiliki fitur Status karena memahami pengguna ingin cara yang lebih efisien untuk berbagi informasi dengan orang-orang terdekat mereka.

“Terutama saat mereka tidak memiliki banyak waktu. Oleh karena itu, Threads menghadirkan fitur Status. Anda bisa memilih status yang telah direkomendasikan yang akan memberi konteks apa yang tengah Anda lakukan tanpa harus membagikan lokasi Anda secara detail. Hanya daftar teman dekat Anda yang bisa melihat status Anda,” ujar Stein dalam keterangan resminya, Jumat (4/10).

Pengguna memiliki kontrol penuh untuk menyalakan atau mematikan fitur Status dan siapa saja yang bisa melihat status mereka. Threads menawarkan tempat baru untuk melakukan percakapan dengan orang-orang terdekat. Pesan-pesan dari daftar teman dekat Anda di Threads tetap akan muncul di DM, memberikan pengguna keleluasaan untuk memilih bagaimana ingin berinteraksi.

Dikutip dari The Forbes, peluncuran Threads dapat dianggap sebagai tembakan untuk Snapchat. Facebook dan Snap telah memiliki persaingan lama, terutama karena semakin banyak pengguna muda yang berpindah ke Snapchat.

Facebook masih merupakan situs media sosial yang paling banyak digunakan dengan sekitar tujuh dari sepuluh orang dewasa di AS mengatakan mereka menggunakannya, menurut Pew Research. Hanya sekitar setengah dari remaja AS atau 51 persen berusia 13 hingga 17 mengatakan mereka menggunakan Facebook.

Comments are closed.