Tri Buka Suara Soal Paket Palapa Ring untuk Perkuat Jaringan

Chief Commercial Officer Tri Indonesia Dolly Susanto mengatakan pihaknya berencana bakal menyewa paket proyek internet serat optik berkecepatan tinggi yakni Palapa Ring. Namun, ia tidak menyebutkan secara pasti paket mana yang akan digunakan Tri.

Namun Dolly menekankan bahwa Palapa Ring yang akan disewa tergantung dari daerah yang membutuhkan jaringan. Selain itu, Tri juga masih menunggu harga paket Palapa Ring dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

“Pasti ada,” kata dia kepada awak media di Kembang Goela Restaurant, Jakarta, Selasa (7/5).

Pilihan redaksi
http://www.ptbestprofit.com
http://www.ptbestprofitfutures.com
http://www.pt-bestprofit.com

“Paket mana? Kita masih nunggu paket [harga paket Palapa Ring] dari pemerintah. Jadi saat ini lagi explore business case-nya sambil menunggu paket dari pemerintah, jadi masih belum tahu,” sambungnya.

Saat ini, Kemenkominfo tengah mempercepat perampungan pembangunan infrastruktur kabel optik Palapa Ring. Di antara tiga paket proyek internet berkecepatan tinggi ini, paket timur menjadi satu-satunya yang pembangunannya belum rampung.

Menkominfo Rudiantara menargetkan Palapa Ring Timur rampung pada pertengahan 2019. Sejauh ini, Telkom dan Indosat telah melakukan uji coba untuk Palapa Ring Tengah. Sedangkan XL Axiata, Telkomsel, dan Smartfren sudah menggunakan Palapa Ring Barat.

Palapa Ring Timur ini digarap oleh PT Palapa Timur Telematika sebagai Badan Usaha Pelaksana (BUP). Dibanding proyek barat dan tengah, Palapa Ring Timur tergolong yang paling berat jika dilihat dari total panjang jaringan mencapai 8.500 kilometer dan menjadikannya sebagai yang terpanjang dari seluruh proyek Palapa Ring.

Selain itu, masalah geografis juga menjadi masalah utama penggarapan Palapa Ring Timur yang meliputi wilayah Nusa Tenggara Timur, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Comments are closed.